Para Ilmuwan dan Penemu Muslim yang Mengubah Dunia

Fikroh.com - Dari kopi hingga lembaran cek serta hidangan makan tiga macam, Dunia Muslim telah memberi kita banyak inovasi yang kita terima begitu saja dalam kehidupan sehari-hari. Ketika sebuah pameran baru dibuka, Paul Vallely memilih 20 orang yang paling berpengaruh dan memperkenalkan orang-orang jenius di belakangnya.

1. Kisahnya berawal dari seorang Arab bernama Khalid merawat kambing-kambingnya di wilayah Kaffa, Ethiopia selatan, ketika dia melihat hewan ternaknya menjadi lebih sehat setelah memakan buah beri tertentu. Dia merebus buah beri tersebut untuk membuat kopi pertama. Tentu saja catatan pertama biji-bijian minuman itu adalah diekspor dari Ethiopia ke Yaman, ketika para Sufi meminumnya agar tetap terjaga sepanjang malam sewaktu berdoa pada acara-acara tertentu. Pada akhir abad ke-15 Masehi kopi telah tiba di Mekah dan Turki dari sanalah kopi sampai ke Venesia pada Tahun 1645. Kopi dibawa ke Inggris pada Tahun 1650 oleh seorang Turki bernama Pasqua Rosee yang membuka kedai kopi pertama di Jalan Lombard Street London. Berawal dari Kata Arab "Qahwa" menjadi Kata Turki "Kahve" , kemudian menjadi Kata Italia "caffé", dan "coffee" di Inggris.

2. Orang Yunani kuno mengira mata kita memancarkan cahaya, seperti halnya laser, yang membuat kita melihat. Orang pertama yang menyadari bahwa sebenarnya cahayalah yang memasuki mata, bukan sebaliknya, oleh seorang ahli matematika, astronom, dan ahli fisika Muslim abad ke-10 Masehi, Ibnu Al-Haitham. Dia menemukan kamera pin-hole (lubang intip) pertama setelah memperhatikan cara kerja cahaya memancar melalui lubang daun jendela. Semakin kecil lubangnya, malah semakin bagus fotonya, dia berhasil, dan menciptakan Kamera Obscura pertama (dari bahasa Arab "Qamara" untuk ruangan gelap atau pribadi). Ia juga dianggap sebagai manusia pertama yang mewujudkan fisika dari kajian filosofis menjadi kajian eksperimental.

3. Sebuah bentuk permainan catur dimainkan di India kuno, namun permainan itu kemudian dikembangkan menjadi bentuk yang kita kenal sekarang dari Persia. Dari sanalah menyebar ke barat hingga Eropa - yang diperkenalkan oleh Bangsa Moor di Spanyol pada abad ke-10 Masehi - dan ke arah timur jauh hingga Jepang. Kata "Rook" (Benteng) berasal dari Kata "Rukh" Persia, yang berarti kereta tempur.

4. Seribu tahun sebelum munculnya Wright bersaudara, seorang penyair, astronom, musisi, dan Insinyur Muslim bernama Abbas Ibnu Firnas melakukan beberapa percobaan membuat mesin terbang. Pada Tahun 852 M ia melompat dari menara Masjid Agung Cordoba menggunakan jubah longgar yang dikencangkan dengan penyangga kayu. Dia berharap bisa meluncur seperti burung. Malahan sebaliknya. Jubah itu memperlambat kejatuhannya, menciptakan sesuatu yang dianggap sebagai parasut pertama, dan hanya menyisakan luka ringan. Pada Tahun 875 M, ketika berusia 70 tahun, setelah menyempurnakan mesin sutra dan bulu elang, ia mencoba lagi, melompat dari gunung. Dia terbang ke ketinggian yang signifikan dan tetap melayang tinggi selama sepuluh menit namun jatuh saat mendarat - disimpulkan, bahwa dia tidak memberikan perangkat ekor sehingga akan melambat saat mendarat. Bandara internasional Baghdad dan sebuah Kawah di Bulan dinamai menurut namanya.

5. Membilas dan mandi adalah syarat utama agama bagi umat Islam, yang mungkin menjadi penyebab utama mengapa mereka menyempurnakan resep sabun yang masih kita gunakan sampai sekarang. Orang Mesir kuno memiliki sejenis sabun, seperti halnya Orang Romawi yang menggunakannya lebih seperti pomade (minyak rambut). Namun Orang-orang Arab memadukan minyak nabati dengan natrium hidroksida dan aromatik seperti minyak thyme. Salah satu ciri khas Tentara Salib yang paling mencolok, bagi hidung kalangan Orang Arab, adalah mereka tidaklah mandi. Shampoo diperkenalkan ke Inggris oleh seorang Muslim yang membuka "Mahomed's Indian Vapor Baths" (Pemandian Uap India milik Mahomed) di Brighton pada Tahun 1759 dan diangkat menjadi ahli bedah keramas untuk Raja George IV dan William IV.

Thyme : tanaman aromatik yang tumbuh pendek dari keluarga mint. Daun kecil digunakan sebagai ramuan kuliner, dan tanaman menghasilkan minyak obat.~

6. Distilasi, cara memisahkan cairan melalui perbedaan titik didihnya, ditemukan sekitar Tahun 800 M oleh ilmuwan terkemuka Islam, Jabir Ibnu Hayyan, yang mengubah alkimia menjadi kimia, menciptakan banyak proses dasar dan peralatan yang masih digunakan sampai sekarang - pencairan, kristalisasi, penyulingan, pemurnian, oksidasi, penguapan dan penyaringan. Selain menemukan asam sulfat dan asam nitrat, selain itu juga menemukan alembic, memberi dunia air mawar yang intens dan parfum lainnya serta alkoholik (walaupun meminumnya haram, atau dilarang, dalam Islam). Ibnu Hayyan menekankan eksperimen sistematis dan ia adalah pendiri kimia modern.

Alembic : alat penyulingan, sekarang sudah usang, terdiri dari wadah berbentuk labu bulat, berleher dan dilengkapi penutup dengan corong panjang untuk kondensasi dan mengalirkan produk ke wadah penampung.

7. Crank-shaft (poros engkol) adalah alat yang memindahkan putaran menjadi gerakan linier dan merupakan inti dari beragam mesin di dunia modern, tak terkecuali seperti mesin pembakaran internal. Salah satu penemuan mekanik paling penting dalam sejarah umat manusia, itu diciptakan oleh seorang insinyur Muslim yang cerdas bernama Al-Jazari yang mengumpulkan air untuk keperluan irigasi. Buku Pengetahuan Tahun 1206 tentang Perangkat Mekanik Cerdas menunjukkan ia juga menemukan atau menyempurnakan penggunaan katup dan piston, merancang beberapa jam mekanis pertama yang digerakkan oleh air dan beban, dan merupakan bapak robotika. Di antara 50 penemuannya yang lain adalah kunci kombinasi.

8. Quilting adalah metode menjahit atau menyatukan dua lapisan kain dengan lapisan bahan pemisah di antaranya. Tidak jelas apakah itu ditemukan di Dunia Muslim ataukah diimpor Dunia Muslim dari India atau Cina. Namun teknik itu pastilah didatangkan ke Barat melalui perantara Tentara Salib. Mereka melihatnya ketika digunakan oleh Prajurit Saracen, yang mengenakan kemeja kanvas berlapis jerami bukannya baju besi. Selain sebagai bentuk perlindungan, lapisan itu terbukti menjadi penahan yang efektif terhadap gesekan baju besi logam Tentara Salib dan merupakan bentuk perlindungan yang efektif - sedemikian rupa sehingga menjadi industri rumahan di daerah beriklim dingin seperti Inggris dan Belanda.

Qulting : menyatukan (lapisan kain atau bantalan) dengan garis-garis jahitan untuk membentuk penutup tempat tidur atau pakaian hangat, atau juga untuk efek dekoratif.

9. Gaya Arsitektur Lengkungan meruncing yang menjadi ciri khas Katedral Gotik Eropa adalah sebuah penemuan yang diadopsi dari Arsitektur Islam. Metoda itu jauh lebih kokoh daripada lengkungan bundar yang digunakan oleh Orang Romawi dan Normandia, sehingga memudahkan pembuatan bangunan yang lebih besar, lebih tinggi, lebih kompleks dan lebih megah. Pengadopsian lain dari para jenius Muslim ini diantaranya kubah rusuk, jendela mawar dan teknik membangun kubah. Benteng Kastil Eropa juga diadaptasi meniru Dunia Islam - dengan dilengkapi celah panah, tembok bermenara, Barbica dan Parapet (tembok pembatas). Menara persegi lebih mudah untuk bertahan dari yang bundar. Arsitek Kastil Henry V adalah seorang Muslim.

Tembok bermenara : sebuah Parapet di atas tembok, biasanya benteng atau kastil, yang diatur berjarak, dilengkapi lubang kotak untuk memanah.

Barbica : pertahanan luar kastil atau kota bertembok, terutama berupa menara ganda di atas gerbang atau jembatan gantung.

Parapet : tembok pelindung rendah di sepanjang tepian atap, jembatan, atau balkon.

10. Banyak peralatan bedah modern memiliki desain yang persis sama dengan yang dirancang pada abad ke-10 Masehi oleh seorang ahli bedah Muslim bernama

Al-Zahrawi. Pisau bedah, gergaji tulang, gunting tang, gunting halus untuk operasi mata dan banyak dari 200 peralatan yang dirancangnya dikenali oleh para ahli bedah modern. Dialah yang menemukan catgut yang digunakan untuk jahitan internal yang larut secara alami oleh tubuh (sebuah penemuan yang dia lakukan ketika melihat monyetnya memakan senar kecapi) dan juga dapat digunakan untuk membuat kapsul obat. Pada abad ke-13 Masehi, petugas medis Muslim lainnya bernama Ibnu Nafis menggambarkan sirkulasi darah, 300 tahun sebelum William Harvey menemukannya. Dokter Muslim juga menemukan anestesi (pembiusan) campuran opium dan alkohol serta mengembangkan jarum berlubang untuk menyedot katarak dari mata dengan teknik yang masih digunakan sampai sekarang.

Benang catgut adalah benang jahit yang mudah untuk diserap oleh kulit. Selain itu benang catgut adalah benang jahit yang terbuat dari bahan alami. Bahan alami pembuatan benang catgut adalah bahan seperti usus sapi atau usus domba. Benang jahit yang dapat diserap oleh kulit selain benang catgut adalah benang vicryl dan dexon yang merupakan benang multifilamen. Benang ini merupakan benang yang dapat diserap oleh kulit namun terbuat dari bahan sintetis. Yang mebedakan antara benang sintetis dengan benang catgut adalah ukurann dari benang tersebut. Benang sintetis ini memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan benang catgut. Selain itu yang membedakan antara benang sintetis ini dengan benang catgut adalah benang sintetis memiliki sedikit reaksi jaringan dibandingkan dengan benang catgut.

11. Kincir angin diciptakan pada 634 M untuk seorang khalifah Persia yang digunakan untuk menggiling jagung dan mengalirkan air untuk irigasi. Di padang pasir Arab yang luas, ketika aliran air musiman menjadi kering,

satu-satunya sumber kekuatan adalah angin yang bertiup kencang satu arah selama berbulan-bulan. Kincir angin memiliki enam atau 12 sirip tertutup kain atau daun kurma. Penemuan ini 500 tahun sebelum kincir angin pertama terlihat di Eropa.

12. Teknik inokulasi tidak ditemukan oleh Jenner dan Pasteur namun telah dirancang di dunia Muslim dan dibawa ke Eropa dari Turki oleh istri duta besar Inggris di Istanbul pada Tahun 1724. Anak-anak di Turki divaksinasi dengan cacar sapi untuk melawan cacar mematikan di Setidaknya 50 tahun sebelum Barat menemukannya.

Inokulasi merupakan kegiatan pemindahan mikroorganisme baik berupa bakteri maupun jamur dari tempat atau sumber asalnya ke medium baru yang telah dibuat dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi dan aseptis. Dengan demikian akan didapatkan biakan mikroorganisme murni yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran maupun untuk kepentingan lainnya seperti kepentingan industri, pertanian, dan kesehatan. Inokulasi yang baik ditentukan oleh tingkat sterilitas ruangan, alat, dan tenaga pelaksana baik kebersihan maupun teknik inokulasinya. Wikipedia

Cacar Sapi adalah penyakit cacar yang disebabkan oleh virus variola. Penyebab cacar ini adalah anggota dari genus orthopoxvirus, yang juga termasuk virus seperti cacar sapi, cacar monyet, dan kontagiosum moluskum. penyakit virus ambing sapi (kelenjar dalam payudara yang mengeluarkan air susu) yang, ketika tertular oleh manusia melalui kontak, menyerupai cacar ringan, dan merupakan dasar dari vaksin cacar pertama. Wikipedia

13. Pulpen tinta diciptakan untuk Sultan Mesir pada Tahun 953 M setelah ia meminta pena yang tidak menodai tangan atau pakaiannya. Pulpen ini menyimpan tinta di sebuah wadah dan, seperti halnya pena modern, mengalirkan tinta ke ujung pulpen dengan kombinasi gaya gravitasi dan kapiler.

14. Sistem penomoran yang digunakan di seluruh dunia mungkin berasal dari India namun gaya penomoran adalah kaidah Arab dan pertama kali muncul dalam cetakan karya ahli matematika Muslim Al-Khwarizmi dan Al-Kindi sekitar Tahun 825 M. Aljabar dinamai dari Buku Al-Khwarizmi, "Al-Jabr wa-Al-Muqabilah", banyak isinya yang masih dipergunakan hingga kini. Karya para sarjana matematika Muslim diimpor ke Eropa 300 tahun kemudian oleh ahli matematika Italia, Fibonacci. Algoritma dan banyak teori Trigonometri berasal dari Dunia Muslim. Dan penemuan analisis frekuensi Al-Kindi membuat semua sandi dunia kuno dapat dipecahkan dan menciptakan dasar-dasar kriptologi modern.

15. Ali Ibnu Nafi, yang dikenal dengan julukan Ziryab (Blackbird) datang dari Irak ke Cordoba pada abad ke-9 Masehi dan membawa konsep makan tiga hidangan (makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup) - dimulai dengan sup (makanan pembuka) lalu dengan ikan atau daging (makanan utama), kemudian ditutup dengan buah dan kacang (makanan penutup). Dia juga memperkenalkan kacamata kristal (yang telah ditemukan berkat percobaan batu kristal oleh Abbas Ibnu Firnas - lihat No 4).

16. Karpet dianggap sebagai bagian dari Surga Firdaus oleh Umat Islam abad pertengahan, berkat teknik tenun mereka yang canggih, teknik pewarnaan baru Kimiawi Islam dan cita rasa pola dan keindahan yang sangat maju merupakan dasar seni non-representasional Islam. Sebaliknya, lantai Eropa jelas bercorak duniawi, belum lagi bersahaja, hingga akhirnya karpet Arab dan Persia diperkenalkan. Di Inggris, seperti yang dicatat oleh Erasmus, lantai rumah "Ditutupi oleh gelagah, kadang-kadang diganti, namun tidaklah begitu rapi sehingga lapisan bawah dibiarkan begitu saja, kadang-kadang selama 20 tahun, menyimpan dahak, muntah, cairan anjing dan manusia, kotoran bir, sisa-sisa ikan, dan hal menjijikkan lainnya yang tidak layak disebutkan". Karpet, tidak mengherankan, cepat digemari Orang Eropa.

17. Bentuk Cek modern berasal dari bahasa Arab "Saqq", sebuah bentuk sumpah tertulis, untuk pembayaran barang saat dikirim, dengan tujuan menghindari membawa-bawa uang kontan melintasi medan berbahaya. Pada abad ke-9 Masehi, seorang pengusaha Muslim dapat menguangkan cek di Cina yang sebelumnya ditarik dari banknya di Baghdad.

18. Pada abad ke-9 Masehi, banyak sarjana Muslim menerima begitu saja Bumi adalah sebuah bola. Buktinya, kata astronom

Ibnu Hazm, "Bahwasannya Matahari selalu menghadap vertikal ke titik tertentu di Bumi". Pernyataan itu lahir 500 tahun sebelum kesadaran itu muncul pada diri Galileo. Perhitungan para astronom Muslim sangatlah akurat sehingga pada abad ke-9 Masehi mereka menghitung keliling bumi adalah 40.253,4 km - hanya selisih 200 km. Sarjana Al-Idrisi membawa bola dunia yang menggambarkan dunia ke Istana Raja Roger dari Sisilia pada Tahun 1139.

19. Meskipun Orang Cina menemukan bubuk mesiu, dan menggunakannya dalam kembang api mereka, namun Orang Arablah yang berhasil memurnikan Bubuk Kalium Nitrat untuk keperluan militer. Persenjataan pembakar Muslim begitu menakutkan Tentara Salib. Pada abad ke-15 M mereka telah menciptakan roket, yang mereka sebut "telur yang bisa bergerak sendiri dan membakar", dan sebuah torpedo - sebuah bom berbentuk buah pir yang meluncur sendiri dilengkapi dengan sebuah tombak di bagian depan yang akan menancap kapal-kapal musuh dan kemudian akhirnya meledak.

20. Eropa pada Abad Pertengahan memiliki dapur dan kebun rempah-rempah, namun Orang Arablah yang mengembangkan gagasan kebun sebagai sarana keindahan dan renungan. Taman hiburan kerajaan pertama di Eropa dibuka di Spanyol Muslim abad ke-11 Masehi. Bunga-bunga yang berasal dari taman-taman Muslim diantaranya adalah anyelir dan tulip.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama