Pertanyaan:
๐๐ง๐ธ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ช๐บ๐ข๐ช ๐ฃ๐ข๐จ๐ข๐ช๐ฎ๐ข๐ฏ๐ข ๐ฉ๐ถ๐ฌ๐ถ๐ฎ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฅ๐ข๐ณ๐ข๐ฉ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฌ๐ข๐ฅ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ข๐ด๐ช๐ฉ ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฅ๐ช ๐ฅ๐ข๐จ๐ช๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ช๐ฎ๐ข๐ด๐ข๐ฌ? ๐๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฃ๐ฆ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ข๐ฑ๐ข ๐ฌ๐ข๐ด๐ถ๐ด ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ถ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ด๐ฆ๐ฎ๐ฑ๐ถ๐ณ๐ฏ๐ข ๐ฎ๐ข๐ต๐ข๐ฏ๐จ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฅ๐ช ๐ฃ๐ข๐จ๐ช๐ข๐ฏ ๐ต๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ด๐ฆ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ต๐ช ๐ฎ๐ข๐ด๐ช๐ฉ ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฅ๐ข๐ณ๐ข๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข. ๐๐ฆ๐ฅ๐ข๐ฏ๐จ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ข๐ณ๐ข๐ฉ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ๐ข๐ฏ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฉ๐ข๐ณ๐ข๐ฎ ๐ถ๐ฏ๐ต๐ถ๐ฌ ๐ฅ๐ช๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ.
๐๐ฎ๐๐ฎ๐ฏ๐ฎ๐ป
Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq
Memang benar bahwa darah adalah termasuk yang diharamkan untuk dikonsumsi dalam Islam berdasarkan kesepakatan para ulama. Hal ini berdasarkan nas al Qur’an yang secara jelas dan tegas menyebutkan tentang keharaman darah, Allah ta’ala berfirman :
ุงَِّูู
َุง ุญَุฑَّู
َ ุนََُْูููู
ُ ุงْูู
َْูุชَุฉَ َูุงูุฏَّู
َ ََููุญْู
َ ุงْูุฎِْูุฒِْูุฑِ َูู
َุงٓ ุงَُِّูู ุจِู ِูุบَْูุฑِ ุงِّٰููู
“๐๐ฆ๐ด๐ถ๐ฏ๐จ๐จ๐ถ๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐๐ช๐ข ๐ฉ๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ฉ๐ข๐ณ๐ข๐ฎ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ข๐ต๐ข๐ด๐ฎ๐ถ ๐ฃ๐ข๐ฏ๐จ๐ฌ๐ข๐ช, ๐ฅ๐ข๐ณ๐ข๐ฉ, ๐ฅ๐ข๐จ๐ช๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ข๐ฃ๐ช, ๐ฅ๐ข๐ฏ (๐ฅ๐ข๐จ๐ช๐ฏ๐จ) ๐ฉ๐ฆ๐ธ๐ข๐ฏ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ช๐ด๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ฉ ๐ฅ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ (๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐บ๐ฆ๐ฃ๐ถ๐ต ๐ฏ๐ข๐ฎ๐ข) ๐ด๐ฆ๐ญ๐ข๐ช๐ฏ ๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ.” (QS. Al Baqarah : 173)
ُْูู َูุง ุฃَุฌِุฏُ ِูู ู
َุง ุฃُูุญَِู ุฅََِّูู ู
ُุญَุฑَّู
ًุง ุนََูู ุทَุงุนِู
ٍ َูุทْุนَู
ُُู ุฅَِّูุง ุฃَْู ََُูููู ู
َْูุชَุฉً ุฃَْู ุฏَู
ًุง ู
َุณُْููุญًุง ุฃَْู َูุญْู
َ ุฎِْูุฒِูุฑٍ َูุฅَُِّูู ุฑِุฌْุณٌ ุฃَْู ِูุณًْูุง
“๐๐ข๐ต๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ๐ญ๐ข๐ฉ, '๐๐ช๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ข๐ฌ๐ถ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฑ๐ข๐ต๐ช ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ธ๐ข๐ฉ๐บ๐ถ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ช๐ธ๐ข๐ฉ๐บ๐ถ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข๐ฌ๐ถ, ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ข๐ต๐ถ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ช๐ฉ๐ข๐ณ๐ข๐ฎ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฃ๐ข๐จ๐ช ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฉ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข, ๐ฌ๐ฆ๐ค๐ถ๐ข๐ญ๐ช ๐ฌ๐ข๐ญ๐ข๐ถ ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ๐ข๐ฏ ๐ช๐ต๐ถ ๐ฃ๐ข๐ฏ๐จ๐ฌ๐ข๐ช, ๐ข๐ต๐ข๐ถ ๐ฅ๐ข๐ณ๐ข๐ฉ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ญ๐ช๐ณ ๐ข๐ต๐ข๐ถ ๐ฅ๐ข๐จ๐ช๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ข๐ฃ๐ช-๐ฌ๐ข๐ณ๐ฆ๐ฏ๐ข ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ฏ๐จ๐จ๐ถ๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ด๐ฆ๐ฎ๐ถ๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ช๐ต๐ถ ๐ฌ๐ฐ๐ต๐ฐ๐ณ”. (QS. Al An’am : 145)
Syaikh Wahbah Zuhaili rahimahullah berkata :
ููุทูุฑ ุจุงูุฐุจุญ ุฌู
ูุน ุฃุฌุฒุงุฆู ุฅูุง ุงูุฏู
ุงูู
ุณููุญ، ุจุงุชูุงู ุงูู
ุฐุงูุจ
“Adapun hewan yang dagingnya halal dimakan, maka dengan penyembelihan, seluruh bagian tubuhnya menjadi suci kecuali darah yang mengalir, (haramnya darah adalah) menurut kesepakatan seluruh madzhab.”[1]
Disebutkan dalam al Mausu’ah :
ูุงูุฏู
ุงูู
ุณููุญ ู
ุชูู ุนูู ุชุญุฑูู
ู ูู
ุง ู
ุฑ
"Dan darah yang mengalir disepakati keharamannya sebagaimana telah ditegaskan sebelumnya."[2]
Hanya saja yang dimaksud darah di sini adalah berupa darah yang mengalir, bukan darah yang ada pada daging berupa bercak atau yang jumlahnya tidaklah banyak. Para ulama menyatakan bahwa darah yang ada di daging tidaklah haram, yang diharamkan itu adalah darah yang secara sengaja dikumpulkan dan kemudian dimasak secara khusus.
Al imam al Qurthubi rahimahullah ketika menjelaskan firman Allah ta’ala dalam surah al An’am ayat 145 : “Kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi”, beliau membawakan sebuah riwayat dari ummul mukminin Aisyah radhiyallahu’anha berikut ini :
ููุง ูุทุจุฎ ุงูุจุฑู
ุฉ ุนูู ุนูุฏ ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุชุนูููุง ุงูุตูุฑุฉ ู
ู ุงูุฏู
ููุฃูู ููุง ูููุฑู
"Kami dulu memasak (daging) di periuk pada masa Rasulullah ๏ทบ, di atasnya tampak warna agak kemerahan karena darah, dan kami memakannya dan beliau tidak mengingkarinya."[3]
Sedangkan al imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata :
ูุงู ุนูุฑู
ุฉ ูู ูููู: {ุฃู ุฏู
ุง ู
ุณููุญุง} ูููุง ูุฐู ุงูุขูุฉ ูุชุชุจุน ุงููุงุณ ู
ุง ูู ุงูุนุฑูู، ูู
ุง ุชุชุจุนู ุงููููุฏ
“Dan berkata Ikrimah tentang firman Allah ta’ala (atau darah yang mengalir) seandainya bukan karena ayat ini orang-orang akan membersihkan sebersih-bersihnya apa yang ada di urat-urat (darah yang sedikit), sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi.”[4]
Al imam Qatadah rahimahullah berkata :
ุญุฑู
ู
ู ุงูุฏู
ุงุก ู
ุง ูุงู ู
ุณููุญًุง، ูุฃู
ุง ูุญู
ุฎุงูุทู ุฏู
ููุง ุจุฃุณ ุจู
“Darah yang diharamkan adalah darah yang mengalir, adapun daging yang di sela-selanya terselip darah, tidak haram.”[5]
Al imam Nawawi rahimahullah berkata :
ู
ู
ุง ุชุนู
ุจู ุงูุจููู ุงูุฏู
ุงูุจุงูู ุนูู ุงููุญู
ูุนุธุงู
ู ููู ู
ู ุชุนุฑุถ ูู ู
ู ุฃุตุญุงุจูุง ููุฏ ุฐูุฑู ุฃุจู ุฅุณุญู ุงูุซุนูุจู ุงูู
ูุณุฑ ู
ู ุฃุตุญุงุจูุง ูููู ุนู ุฌู
ุงุนุฉ ูุซูุฑุฉ ู
ู ุงูุชุงุจุนูู ุฃูู ูุง ุจุฃุณ ุจู ูุฏูููู ุงูู
ุดูุฉ ูู ุงูุงุญุชุฑุงุฒ ู
ูู ูุตุฑุญ ุฃุญู
ุฏ ูุฃุตุญุงุจู ุจุฃู ู
ุง ูุจูู ู
ู ุงูุฏู
ูู ุงููุญู
ู
ุนูู ุนูู ููู ุบูุจุช ุญู
ุฑุฉ ุงูุฏู
ูู ุงููุฏุฑ ูุนุณุฑ ุงูุงุญุชุฑุงุฒ ู
ูู ูุญููู ุนู ุนุงุฆุดุฉ ูุนูุฑู
ุฉ ูุงูุซูุฑู ูุงุจู ุนูููุฉ ูุฃุจู ููุณู ูุงุญู
ุฏ ูุงุณุญู ูุบูุฑูู
ูุงุญุชุฌุช ุนุงุฆุดุฉ ูุงูู
ุฐููุฑูู ุจูููู ุชุนุงูู (ุฅูุง ุฃู ูููู ู
ูุชุฉ ุฃู ุฏู
ุง ู
ุณููุญุง) ูุงููุง ููู
ููู ุนู ูู ุฏู
ุจู ุนู ุงูู
ุณููุญ ุฎุงุตุฉ ููู ุงูุณุงุฆู
"Termasuk perkara yang sulit dihindari adalah darah yang tersisa pada daging dan tulangnya. Sangat sedikit dari para ulama kami yang membahasnya, tetapi hal ini disebutkan oleh Abu Ishaq ats Tsa'labi, seorang ahli tafsir dari kalangan kami (madzhab Syafi’i), dan ia menukil dari banyak tabi'in bahwa tidak ada masalah dengannya. Dalilnya adalah adanya kesulitan dalam menghindarinya.
Imam Ahmad dan para pengikutnya dengan tegas menyatakan bahwa darah yang tersisa pada daging itu dimaafkan, bahkan jika warna merah darah mendominasi dalam panci karena sulit untuk menghindarinya, dan ini dinukil dari Aisyah, Ikrimah, Ats-Tsauri, dan Ibnu Uyainah. Abu Yusuf, Ahmad, Ishaq, dan lainnya. Aisyah dan mereka yang disebutkan ini berdalil dengan firman Allah Ta'ala: (kecuali jika itu bangkai atau darah yang mengalir). Mereka berkata yang diharamkan bukan semua jenis darah.”[6]
Al imam Ramli rahimahullah berkata :
ูุงูุฏู
ุงูุจุงูู ุนูู ุงููุญู
ูุนุธุงู
ู ูุฌุณ ู
ุนูู ุนูู؛ ูุฃูู ู
ู ุงูุฏู
ุงูู
ุณููุญ ูุฅู ูู
ูุณู ูููุชู، ููุนูู ู
ุฑุงุฏ ู
ู ุนุจุฑ ุจุทูุงุฑุชู
"Darah yang tersisa pada daging dan tulangnya adalah najis tetapi dimaafkan, karena termasuk darah yang mengalir meskipun tidak mengalir karena sedikitnya, dan ini mungkin maksud dari orang yang menyatakan bahwa ia suci."[7]
๐๐ฒ๐๐ถ๐บ๐ฝ๐๐น๐ฎ๐ป
Darah yang ada dalam daging dihukumi oleh para ulama halal untuk dikonsumsi, hanya mereka berbeda pendapat tentang sebab kehalalannya. Sebagian mengatakan karena ia tidak termasuk jenis darah yang diharamkan, yakni yang mengalir, sedangkan sebagian lainnya berpendapat karena hukumnya dima’fu (dimaafkan).
๐ Wallahu a’lam.
___________
[1] Fiqh al Islami wa Adillatuhu (1/255)
[2] Al Mausu’ah al Fiqhiyah al Kuwaitiyah (5/153)
[3] Tafsir al Qurthubi (2/222)
[4] Tafsir Ibnu Katsir (3/352)
[5] Tafsir Ibnu Katsir (3/352)
[6] Majmu’ Syarah al Muhadzdzab (2/557)
[7] Fath ar Rahman bisyarh Zubad Ibnu Ruslan hal. 143
Tags:
Fikih