Tutup Usia Di Usia Muda, Ini Sederet Prestasi dan Karir Prof. Firmanzah

Fikroh.com - Kalangan citvitas akademika kehilangan tokoh terbaiknya. Profesor muda Rektor Universitas Paramadina Prof. Firmanzah (44 tahun) wafat di Jakarta pada Sabtu (6/2). Almarhum adalah rektor Universitas Paramadina yang menggantikan Anies Rasyid Baswedan pada 2015.

Menurut sumber yang berhasil dihimpun fikroh.com, Firmanzah merupakan profesor termuda di Universitas Indonesia. Dia menjadi profesor saat usianya 34 tahun.

Pria asli Surabaya ini, lahir pada 7 Juli 1976. Firmanzah mulai dikenal saat diangkat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia periode 2009-2013. Pada saat itu usianya baru menginjak 32 tahun, sehingga tercatat sebagai dekan termuda yang pernah menjabat di Universitas Indonesia (UI).

Pria lulusan Fakultas Ekonomi UI ini merupakan anak ke delapan dari sembilan bersaudara, yang lebih banyak dididik oleh ibunya. Usai lulus sarjana, ia bekerja sebagai analis pasar pada sebuah perusahaan asuransi dan menjadi asisten dosen di UI. Kemudian Firmanzah melanjutkan studinya di Universitas Lille, Prancis. Ia meraih gelar doktor dari University of Pau et Pays de l’Adour, Prancis pada tahun 2005.

Usai menyelesaikan program doktoralnya, Fiz (sapaan akrabnya) sempat mengajar setahun di Prancis hingga akhirnya memutuskan pulang ke tanah air dan bekerja di UI pada 2005. Ia kembali kembali ke Indonesia atas permintaan Dekan FE UI saat itu, Prof. Bambang Brodjonegoro.

Fiz dikenal melalui pemikiran-pemikirannya terutama di bidang ekonomi, manajemen, dan konsep pemasaran politik. Dalam ekonomi, Fiz meyakini bahwa ilmu ekonomi tidak akan bisa berdiri sendiri bila akan diimplemetasikan dalam realitas. Ia berpendapat bahwa ekonomi seharusnya dipahami dengan pendekatan berbasis multidisipliner. Ia juga mengeluarkan berbagai pemikiran untuk bidang kepemimpinan.

Sebagai akademisi, Fiz telah menerbitkan puluhan jurnal baik di dalam maupun luar negeri. Ia juga telah menerbitkan beberapa buku yang ditulisnya sendiri. Firmanzah juga pernah menjadi staf khusus presiden Susilo Bambang Yudhoyono bidang ekonomi.

Source: Republika

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama