Kedua Imam yang Saling Memuji dan Saling Merendahkan Diri

Fikroh.com - Syu'bah bin Al-Hajjaj dan Sufyan bin Sa'id Ats-Tsauri, keduanya adalah imam yang telah diakui kedudukannya dalam periwayatan hadits di sisi umat. Banjir ta'dil (pujian) untuk keduanya dari para rekan sejawat maupun para junior keduanya yang telah terekam dalam kitab-kitab para perawi dan jarh wa ta'dil. Keduanya pun juga merupakan rekan sejawat dan hidup sezaman. Syu'bah wafat tahun 160 H sedangkan Sufyan setahun setelahnya.

Namun tingginya pujian untuk mereka berdua tidak lantas menjadikan mereka tinggi hati dan saling mengecilkan rekannya.

Tahukah teman apa kata Syu'bah mengenai Sufyan?

وقال شعبة , وسفيان بن عيينة , وأبو عاصم النبيل , ويحيى بن معين , وغير واحد من العلماء: سفيان أمير المؤمنين في الحديث

Syu'bah, Sufyan bin 'Uyainah, Abu 'Ashim An-Nabil, Yahya bin Ma'in, dan tidak hanya satu ulama berkata, "Sufyan adalah amirul mu'minin dalam hadits."

وقال وكيع , عن شعبة: سفيان احفظ مني

Waki' bercerita dari Syu'bah, (ia berkata), "Sufyan lebih hapal hadits dibanding diriku."

وقال عبد العزيز بن أبي رزمة قال رجل لشعبة خالفك سفيان فقال دمغتني

'Abdul 'Aziz bin Abu Rizmah berkata, "Seorang lelaki memberitahu Syu'bah, "Sufyan telah menyelisihimu." Lantas Syu'bah berkata, "Kau telah membuatku sakit kepala."

وقال أبو قطن قال لي شعبة أن سفيان ساد الناس بالورع والعلم

Abu Qathn berkata, "Syu'bah bertutur kepadaku bahwa Sufyan adalah orang yang paling memiliki rasa wara' dan ilmu."

Dan apa kata Sufyan mengenai Syu'bah?

وقال أبو بكر بن أبي الأسود، عن خاله عبد الرحمن بن مهدي: كان سفيان، يقول: شعبة أمير المؤمنين في الحديث

Abu Bakr bin Abul Aswad berkata, dari pamannya dari jalur ibu yakni 'Abdurrahman bin Mahdi : Sufyan senantiasa mengatakan, "Syu'bah adalah amirul mu'minin dalam hadits."

وقال محمد بن يحيى الذهلي، عن سلم بن قتيبة: قدمت من البصرة فأتيت الكوفة فأتيت سفيان , فقال لي: من أين أنت ؟ فقلت: من البصرة فقال: ما فعل أستاذنا شعبة

Muhammad bin Yahya Adz-Dzuhli berkata, dari Salm bin Qutaibah, ia bercerita, "Aku datang dari Bashrah menuju Kufah, lantas aku mengunjungi Sufyan, ia bertanya kepadaku, "Dari mana engkau?" Aku menjawab, "Dari Bashrah." Ia bertanya kembali, "Apa yang sedang dilakukan oleh ustadz kita ; Syu'bah?"

قال ابن المبارك كنت عند سفيان إذ جاءه موت شعبة فقال مات الحديث

Ibnul Mubarak bercerita, "Aku sedang berada bersama Sufyan ketika datang kepadanya kabar wafatnya Syu'bah, lantas Sufyan berkata, "Telah mati hadits."

Ternyata keduanya-lah yang saling menjuluki rekannya dengan gelar "amirul mu'minin fil hadits" yang artinya pemimpin kaum mu'minin dalam hadits. Sebuah gelar yang merupakan gelar tertinggi dalam lafazh ta'dil. Semoga Allah Ta'ala rahmati keduanya.

Semoga kita bisa meniru para imam salaf dalam hal tidak ujub karena pujian, dan tidak lantas mengecilkan rekan sejawat maupun orang lain dalam hal ilmu dan keutamaan. Wallahu a'lam.

Referensi diambil dari kitab-kitab rijal seperti Tahdzibul Kamal, As-Siyar, dan Tahdzibut Tahdzib.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama