Mengenal Kembaran Syaikh Ali Jaber, Penerus Dakwahnya di Indonesia

Fikroh.com - Sosok Syeikh Ali Jaber sudah mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Dai yang selalu mengenakan gamis khas ulama timur tengah itu benar-benar sudah me-Nusantara. Pembawaanya yang tenang saat berbicara, membuat orang simpatik dan respect. Namun sosok itu kini telah tiada.

Ibarat pepatah mati satu tumbuh seribu, siapa sangka ternyata ada sosok pengganti beliau dalam dunia dakwah. Beliau adalah Muhammad Jaber adik kandung Syaikh Ali Syekh Ali Jaber. Sepintas Muhammad Jaber sangat mirip dan tak ada bedanya. Bahkan memiliki perawakan yang sangat mirip dengannya, saking miripnya keduanya sering dibilang kembar.

Adik beliau bernama lengkap Muhammad Saleh Jaber. Ia juga ternyata mengikuti jejak sang kakak menjadi seorang pendakwah yang aktif di Indonesia.

Penasaran seperti apakah Syaikh Muhammad Jaber? Yuk kita intip bersama-sama. 

Mengutip informasi dari akun Instagram @syekh_muhammad_jaber terungkap sosok adik Syeikh Ali Jaber dan beberapa fakta yang fikroh.com berhasil himpun.

Laksana Pinang Dibelah Dua

Sebagai sepasang kakak dan adik, Syekh Ali Jaber dan Syekh Muhammad Jaber memiliki paras wajah yang serupa. Bahkan tak jarang publik mengira jika keduanya merupakan saudara kembar.

Namun bagi yang mengikuti perjalanan mereka berdua tentu bisa membedakan lebih teliti perbedaan dari keduanya. Melalui akun Instagramnya, Syekh Muhammad Jaber pernah mengunggah sebuah foto dirinya yang disandingkan dengan Syekh Ali Jaber.

Syekh Muhammad Jaber

"Ayo tebak, ini orang yang sama atau beda? Satu orang atau dua ya? (emoticon berpikir) Tulis komen nya, siapa yang di kanan siapa yang di kiri?" tulisnya dalam keterangan foto yang langsung dibanjiri komentar dari masyarakat luas.

Sama-sama Pendakwah

Sisi kesamaan lainnya adalah Syekh Muhammad Jaber juga memiliki profesi yang sama dengan sang kakak. Syekh Muhammad Jaber mengikuti jejak sang kakak menjadi seorang pendakwah.

Pemilik nama asli Muhammad Saleh Jaber ini berdakwah dari pulau satu ke pulau lainnya. Tujuannya tentu menyebarkan agama Islam dan kebaikannya di daerah-daerah. Selain itu juga memperluas dakwah Islam di Indonesia.

Sangat Perhatian Kepada Syeikh Ali Jaber

Dahulu saat tersiar kabar penusukkan yang menimpa pada Syekh Ali Jaber sampai juga ke telinga Syekh Muhammad Jaber. Masih dalam perjalanan dakwah ke pulau-pulau dan kampung-kampung membuat Syekh Muhammad Jaber ingin pulang menjenguk sang kakak.

Terlebih di daerah itu terkadang tak ada jaringan untuk menanyakan kondisi terbaru sang kakak. Keinginannya untuk pulang agar bisa selalu dekat dengan Syekh Ali Jaber. Sebagai seorang adik, Muhammad Jaber ingin menjaga sang kakak yang tengah mendapat musibah.

Dilarang Pulang Oleh Syekh Ali Jaber

Namun siapa sangka niatnya untuk pulang ditahan oleh Syekh Ali Jaber. Bukan tanpa alasan yang tak jelas. Syekh Ali Jaber hanya ingin sang adik melanjutkan dan fokus berdakwah saja.

Menurutnya, umat Islam lebih membutuhkan sang adik daripada dirinya. Syekh Ali Jaber juga mengatakan jangan membuat pihak-pihak tertentu berhasil menghentikan dakwah di Indonesia.

"Tetapi beliau menahan saya untuk pulang dan fokus lanjut dakwah saja, beliau berkata kepada saya umat lebih butuh anda daripada saya ..jangan buat mereka berhasil mencapai tujuan mereka karena tujuan mereka yaitu menghentikan dakwah di Indonesia, Lanjut terus bismillah dan jaga keamanan dan dzikir2 agar di jaga oleh Allah.. TAKBIIIR," tulis Muhammad Jaber menceritakan pesan sang kakak, Syekh Ali Jaber.

Doa Sang Adik untuk Kakaknya

Syeikh Muhammad Jaber pernah mendoakan kakaknya dalam unggahan instagram nya.

"Semoga selalu dalam lindungan Allaah akhiiiiiii @syekh.alijaber (emoticon menangis)," tulis Syekh Muhammad Jaber.

Sumber : Merdeka.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama