Doa Agar Diselamatkan dari Banjir Saat Hujan Terus Menerus

Fikroh.com - Musibah mungkin akan datang sewaktu-waktu tanpa kita tahu. Bencana alam menjadi cobaan tersendiri bagi umat manusia. Indonesia dengan curah hujan yang tinggi dan kondisi alamnya berpotensi datangnya banjir ketika hujan terus menerus.

Sebagai seorang muslim selain ikhtiar, kita juga diajarkan satu doa agar terhindar dari musibah banjir, berikut ini doa shahih yang diajarkan Rasulullah agar selamat dari bencana banjir saat curah hujan tinggi.

اللَّهُمَّ عَلَى ظُهُورِ الْجِبَالِ وَالْآكَامِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ 

Allahumma 'ala dzuhuuril jibaal, wal akaami wa buthunil audiyah wa manabitisy syajari


Artinya: "Ya Allah turunkanlah di puncak-puncak gunung, perbukitan, jurang-jurang yang dalam dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan." (HR. Bukhori, dalam Fathul Bari nomor 1019)

Riwayat Lengkapnya Doa Diatas

Menurut Riwayat Anas bin Malik diceritakan:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، أَنَّهُ قَالَ : جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، هَلَكَتِ المَوَاشِي ، وَتَقَطَّعَتِ السُّبُلُ ، فَادْعُ اللَّهَ ، فَدَعَا اللَّهَ ، فَمُطِرْنَا مِنَ الجُمُعَةِ إِلَى الجُمُعَةِ ،

 فَجَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، تَهَدَّمَتِ البُيُوتُ ، وَتَقَطَّعَتِ السُّبُلُ ، وَهَلَكَتِ المَوَاشِي ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اللَّهُمَّ عَلَى ظُهُورِ الجِبَالِ وَالآكَامِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ فَانْجَابَتْ عَنِ المَدِينَةِ انْجِيَابَ الثَّوْبِ

"Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik dari Syarik bin 'Abdullah bin Abu Namir dari Anas bin Malik bahwa dia berkata, "Seorang laki-laki datang menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu berkata, "Wahai Rasulullah, harta benda telah rusak dan jalan-jalan terputus, maka berdo'alah kepada Allah!" Beliau lalu berdoa sehingga hujan pun turun kepada kami dari hari Jum'at ke Jum'at berikutnya. Kemudian datang lagi seseorang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata, "Wahai Rasulullah, rumah-rumah telah roboh, jalan-jalan terputus dan harta benda menjadi rusak!" Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa: 

اللَّهُمَّ عَلَى ظُهُورِ الْجِبَالِ وَالْآكَامِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

"YA ALLAH TURUNKANLAH DI PUNCAK-PUNCAK GUNUNG, PERBUKITAN, JURANG-JURANG YANG DALAM DAN TEMPAT-TEMPAT TUMBUHNYA PEPOHONAN." Maka awan pun menjauh dari Madinah seperti kain." (HR. Bukhori, dalam Fathul Bari nomor 1019)

Dalam riwayat lain dijelaskan maksud dari "seperti kain" adalah "seperti (sebagaimana) kain yang terlepas dari pemakainya."

Semoga Alloh selamatkan kita dari musibah banjir, dan menyelamatkan negara kita dari berbagai musibah dan kerusakan yang disebabkan orang-orang dzalim nan serakah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama