Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Amalan Ringan Penyelamat dari Azab

5 Amalan Ringan Penyelamat dari Azab

Fikroh.com. Apa yang bisa menyelamatkan kita dari azab Allah? Ada beberapa amalan yang akan menyelamatkan manusia dari azab dan murka Allah di dunia. Berikut ini amalan-amalan yang menjadi sebab selamat dari 'Azab.

1. Istighfar dan Taubat

Diantara amalan yang akan menyelamatkan manusia dari azab adalah taubat dan istighfar. Alloh Subhanahu watalaa berfirman:

و ما كان الله معذبهم و هم يستغفرون

"Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan." (Surat Al-Anfal, Ayat 33)

Di dalam kitab Ad-Daa' wa Ad-Dawaa', Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :

و لا رفع البلاء إلا بتوبة

"Dan tidaklah bala' diangkat (oleh Allah) kecuali dengan (sebab) taubat."

2. Dzikir

Ringan dan gampang dilakukan, dzikir bisa menyelamatkan manusia dari azb. Di dalam kitab 'Al-Wabil Ash-Shayyib', Ibnul Qayyim rahimahullah menyantumkan hadits:

ما من عمل آدمي عملا أنجى له من عذاب الله عز و جل من ذكر الله تعالى 

"Tidaklah seorang manusia mengamalkan suatu amalan yang lebih bisa menyelamatkan dia dari azab Allah melebihi amalan 'dzikrullah' (mengingat Allah)." (HR. Tirmidzi)

3. Sedekah

Sedekah adalah salah satu penyelamat dari azab. Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan bahwa sedekah bisa menolak azab.

4. Menyayangi dan menyantuni fakir miskin 

Berbuat baik kepada fakir miskin dengan menyantuni dan menyayangi akan menyelamatkan kita dari azab. Di dalam kitab Riyadhus Shalihin, ada sabda Nabi:

ابغوني الضعفاء، فإنما تنصرون و ترزقون بضعفائكم 

"Carikanlah untukku orang-orang 'lemah', karena kalian ditolong Allah dan diberi rizki dengan sebab orang-orang 'lemah' di antara kalian." (HR. Abu Dawud)

Di dalam kitab Dalilul Falihin ada penjelasan tentang maksud kalimat "... dengan sebab orang-orang 'lemah' di antara kalian", adalah :

Dengan sebab keberkahan adanya mereka dan keberkahan doa mereka.

5. Senantiasa melakukan 'amar ma'ruf nahi munkar'. 

Amar ma'ruf dan nahi munkar akan menyelamatkan diri kita dari azab. Amar ma'ruf sesuai kapasitas dan kemampuan masing-masing. Sebagaimana dijelaskan para alim ulama. 

Ibnul Qayyim rahimahullah di dalam kitab Ad-Daa' wad Dawaa', menyantumkan hadits riwayat Ahmad:

ما من قوم يعمل فيهم بالمعاصي و هم أعز و أكثر ممن يعمله فلم يغيروه إلا عمهم الله بعقاب

"Jika ada di suatu kaum, sekelompok orang berbuat maksiat, 'padahal mereka lebih kuat dan lebih banyak' dari yang bermaksiat, tapi mereka tidak merubah kemungkaran itu, maka Allah akan meratakan azab kepada mereka semua." Wallahu a'lam.

Demikian amalan-amalan yang bisa menyelamatkan manusia dari azab di dunia. Semoga Allah mudahkan kita untuk mengamalkannya. Aamiin.

Oleh: Fajri Nur Setyawan