Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Benarkah Puasa Menyebabkan Mata Kering dan Apa Solusinya?

Benarkah Puasa Menyebabkan Mata Kering dan Apa Solusinya?

Fikroh.com - Masalah mata kering adalah salah satu masalah menjengkelkan yang diderita hampir setiap orang, dan ketika air mata bekerja untuk memberikan kelembapan yang diperlukan pada mata; Kurangnya produksi atau produksi air mata berkualitas buruk menyebabkan mata kering, dan mata kering menyebabkan banyak gejala yang mengganggu seperti mata merah, rasa terbakar di dalam mata, kepekaan cahaya dan penglihatan kabur, dan beberapa orang mungkin menderita masalah mata kering dalam situasi tertentu seperti ketika mereka naik pesawat atau Setelah berjam-jam melihat layar gadget, komputer dan perangkat elektronik lainnya, namun masalah mata kering memerlukan konsultasi langsung ke dokter ketika seseorang secara kronis menderita gejala masalah ini; Dimana dokter dapat mengevaluasi kondisi dan menentukan diagnosis dan pengobatan yang tepat, dan pada artikel ini akan dijawab pertanyaannya: Apakah puasa menyebabkan kekeringan pada mata?

Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan apakah puasa menyebabkan mata kering, perlu untuk mengetahui penyebab mata kering secara umum, karena masalah ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dan kejadian masalah ini meningkat secara langsung seiring bertambahnya usia. Orang dewasa yang lebih tua lebih rentan mengalami mata kering, dan mata kering sering terjadi di daerah di mana orang menderita kekurangan gizi. Ini menyebabkan kekurangan vitamin A, dan masalah mata kering terjadi karena beberapa alasan yang beragam.

Apakah puasa menyebabkan kekeringan pada mata? 

Umat Islam di seluruh dunia tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang lama di bulan Ramadhan, dan orang banyak bertanya tentang efek puasa terhadap kesehatan masyarakat, dan salah satu pertanyaannya adalah apakah puasa menyebabkan kekeringan pada mata, dan bahwa puasa adalah satu hal yang nyata. Pada beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung, mungkin juga berperan penting dalam timbulnya beberapa penyakit mata, diantaranya adalah sindrom mata kering, glaukoma dan katarak, dan banyak peneliti telah melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan puasa dan masalah mata kering, karena puasa mempengaruhi cairan tubuh. Bagian dari cairan ini adalah air mata yang melumasi mata.

Selain itu, kelenjar lakrimal mengeluarkan protein air mata melalui pengaturan sistem saraf, yang mengurangi sekresi protein air mata dari kelenjar air mata, dan penelitian telah menunjukkan hubungan antara puasa dan perubahan komponen air mata. Yang menyebabkan mata kering dan hubungan ini tergantung pada jangka waktu puasa dan status kesehatan orang yang berpuasa, karena komponen air mata berbeda pada pasien diabetes dibandingkan dengan yang sehat, namun jawaban pasti atas pertanyaan: Apakah puasa menyebabkan kekeringan pada mata masih memerlukan lebih banyak penelitian dan studi untuk mengkonfirmasi dan membuktikan kaitan yang sebenarnya antara puasa dan mata kering.

Adakah perawatan untuk mata kering selama puasa? 

Setelah menjawab pertanyaan apakah puasa menyebabkan mata kering, perlu diketahui bahwa banyak perawatan yang akan membantu mengurangi masalah mata kering selama puasa, dan perawatan tersebut antara lain: 

1. Obat tetes pelembab yang Anda tidak memerlukan resep yang disebut air mata buatan. Karena membantu menghilangkan masalah mata kering yang sedang, dan ada beberapa salep yang membantu melembabkan mata. 

2. Pada kasus yang lebih parah, pasien mungkin memerlukan obat yang meningkatkan produksi air mata, seperti siklosporin, dan obat ini memerlukan resep dokter. 

3. Mengikuti beberapa kebiasaan dan petunjuk dalam mengurangi mata kering juga dapat membantu, misalnya, memakai kacamata hitam saat terkena sinar matahari membantu mengurangi laju penguapan air mata dan menghindari mata kering, serta meminum air dalam jumlah yang cukup setiap hari saat sahur dan buka, tidur yang cukup dan mengurangi Durasi menatap layar elektronik bisa mengurangi mata kering, dan menghindari paparan AC berkontribusi besar untuk mengurangi masalah mata kering.