Biografi Singkat Al-Idrisi, Ilmuwan Muslim Penemu Teori Bumi Bulat

Fikroh.com - Apakah kita mengetahui teori bahwa bumi itu bulat dari Copernicus (1473-1543 M)? Ketahuilah bahwasanya sejak Abad ke-12 seorang ahli geografi Muslim telah menyatakan hal tersebut jauh sebelum masa Copernicus. Ia adalah Al-Idrisi.

"Bumi itu berbentuk bulat seperti bulatnya bola. Sedangkan air menempel, tidak mengalir (tumpah) di atasnya secara alamiah tidak terpisah darinya. Bumi dan air sesuatu yang tetap di ufuk galaksi sebagaimana kuning telur dalam cangkang putihnya, meletakkan keduanya dalam tata letak yang seimbang, dan angin bertiup (yang dimaksud cuaca udara) dari seluruh arah sudutnya." (Al-Idrisi dalam kitabnya Nuzhat Al-Musytaq fil-Ikhtiraq Al-Afaq)

Dari peta-peta yang dibuat oleh Al-Idrisi, Will Durant mengatakan bahwa, "Peta ini paling hebat dari nilai-nilai pemikiran ilmu gambar peta pada abad pertengahan. Belum pernah ada peta yang digambar lebih sempurna sebelum itu. Lebih detail, lebih luas, dan besar secara terperinci. Al-Idrisi salah seorang yang menguatkan teori tentang bumi itu bulat, dan dapatlah diketahui bahwa fakta ini merupakan sesuatu yang dapat diterima kebenarannya."(Will Durant dalam bukunya The Story of Civilization)

Kelahiran & Pendidikan

Nama lengkapnya Abu Abdullah Muhammad bin Muhammad bin Abdullah bin Idris Al-Hamudi Al-Husna, atau biasa dikenal dengan Asy-Syarif Al-Idrisi. Beliau lahir di Maroko, dan hidup sekitar tahun 1100-1166 M. Al-Idrisi merupakan seorang ahli geografi dan kartografi terkemuka yang banyak menghabiskan hidupnya di Maroko, Andalusia dan Sisilia (pada masa Raja Roger II).

Pendidikan Al-Idrisi dimulai di Sabtah dan Fes, Maroko, kemudian berpindah ke Cordova untuk mempelajari ilmu geografi, astronomi, matematika dan geografi hingga mahir. Di Cordova Al-Idrisi mengkaji dan menelaah karya-karya ilmuwan geografi masa lalu seperti Ptolemeus, Ibnu Hauqal, Al-Mas'udi, dan lainnya.

Karya-Karya Al-Idrisi:

(1) Peta Al-Idrisi yang membagi bagian utara bola dunia menjadi tujuh kawasan dengan cuaca yang berbeda. Kemudian masing-masing kawasan dibagi menjadi sepuluh bagian dengan garis bujur yang sama. Setiap bagiannya digambar dengan peta tersendiri sehingga berjumlah tujuh puluh peta. Keseluruhan dari tujuh puluh peta mencakup dunia. Ini merupakan seni menggambar peta (kartografi) yang paling detail hingga Abad Pertengahan.

(2) Bola perak yang menggambarkan peta dunia. Bola dunia tersebut dibuatnya untuk Raja Roger II di Sisilia, namun bola dunia tersebut hilang setelah masa raja-raja Normand.

(3) Terdapat 3 kitab geografi yang ditulis oleh Al-Idrisi:

- Shifat Bilad Al-Maghrib, membahas tentang kondisi dan letak geografis negeri Maroko.

- Raudhat Al-Ins wa Nuzhat An-Nafs, merupakan kitab yang ia tulis sebagai hadiah untuk William I. Ringkasan kitab ini dikenal dengan Al-Idrisi Ash-Shaghir.

- Nuzhat Al-Musytaq fil-Ikhtiraq Al-Alaq, merupakan karya terbesarnya yang memuat peta dunia, disebut juga dengan Kitab Ar-Rujari yang diselesaikan pada tahun 1154 M. Al-Idrisi mampu menyatukan antara geografi-astronomi dan geografi-matematika. Dalam kitab ini dijelaskan bahwa dunia terbagi menjadi tujuh kawasan cuaca yang berbeda; juga membahas tentang beberapa negara, pegunungan, sungai, sumber daya alam, dan manusia beserta aktivitas ekonomi, industri dan kebudayaannya.

(4) Karya Tulis Al-Idrisi di bidang lainnya:

- Al-Adawiyah Al-Mufrijah, yang membahas tentang kedokteran dan farmasi. Dalam kitab ini menyebutkan nama resep obat-obatan dengan memakai dua belas bahasa.

- Al-Jami Liasytat An-Nabat, di bidang tumbuh-tumbuhan dan farmasi dengan menyebutkan 360 jenis tumbuhan beserta kegunaannya sebagai obat-obatan.

- beberapa kita syair, sebab Al-Idrisi juga seorang sastrawan.


Referensi:

1. Muhammad Gharib Gaudah dalam Abaqirah Ulama Al-Hadharah wal-Islamiyah, diterjemahkan oleh Muhyiddin Mas Ridha dengan judul 147 Ilmuwan Terkemuka Dalam Sejarah Islam. 2012. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

2. Raghib As-Sirjani dalam Sumbangan Peradaban Islami Pada Dunia. 2015. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama