Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Profil 10 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia 2021

Profil 10 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia 2021

Fikroh.com - Sebuah lembaga riset independen yang berbasis di Yordania, The Royal Islamic Strategic Studies Centre (MABDA) merilis The World’s 500 Most Influental Muslims 2021. Riset tersebut menempatkan daftar 500 tokoh muslim yang dinilai paling berpengaruh di dunia tahun 2021.

Dalam rilisnya MABDA mengklarifikasi tokoh dalam beberapa kategori, yakni “Pemimpin dan Politisi”, “Ulama dan Ilmuwan”, dan “Isu Sosial, Seni, Teknologi, Budaya, dan Olahraga”. Banyak diantara mereka adalah tokoh-tokoh dunia yang memang sudah tak asing berada di dalam daftar tahunan itu. Namun, ada pula beberapa nama yang baru muncul pertama kali pada edisi tahun ini.

Berikut Profil Singkatnya

Berikut ulasan yang dikutip dari laman resmi The Muslims 500 tentang nama tokoh baru di daftar tersebut:

1. Taraneh Alidoosti

Taraneh Alidoosti dinobatkan sebagai salah satu aktris terbaik dekade ini oleh Majalah Bulanan Film dan merupakan orang termuda yang pernah memenangkan Crystal Simorgh untuk Aktris Terbaik. Dia membintangi The Salesman yang memenangkan Oscar untuk Film Berbahasa Asing terbaik pada tahun 2017.

Dia memiliki lebih dari 6 juta pengikut di berbagai jaringan media sosial. Dia baru-baru ini menerima hukuman skorsing karena mengkritik pemerintah Iran.

Dia masuk daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 dalam kategori Seni dan Budaya.

2. Willow Wilson

Willow Wilson adalah seorang penulis dan seniman, terkenal dengan karyanya seperti Alif the Unseen, yang memenangkan Penghargaan Fantasi Dunia pada tahun 2013 dan serial komik, Ms.Marvel, yang menampilkan seorang remaja Muslim sebagai pahlawan super.

Karya Willow ini memenangkan penghargaan Hugo untuk Grafis terbaik Novel pada tahun 2015 menambah deretan penghargaan dan nominasi sepanjang karirnya. Willow  saat ini berkontribusi untuk serial buku komik Sandman Neil Gaiman.

Willow masuk daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 dalam kategori Seni dan Budaya.

3. Ramy Youssef

Ramy, seorang komedian, aktor dan penulis terkenal karena pertunjukannya yang berjudul eponim yang mengeksplorasi sebuah keluarga Muslim-Mesir yang menavigasi berbagai tantangan untuk mendamaikan identitas agama dan budaya mereka di Amerika abad ke-21.

Acara tersebut, di mana Ramy menciptakan, menulis bersama, memproduksi eksekutif dan memainkan peran tituler, memenangkannya Penghargaan Golden Globe untuk aktor terbaik dalam serial TV (musik atau komedi) di depan kelas berat Hollywood seperti Paul Rudd dan Michael Douglas.

Seri kedua Ramy memulai debutnya pada tahun 2020, menambahkan beberapa pemeran. Salah satunya aktor muslim pemenang Oscar Mahershala Ali.

Sama seperti Taraneh dan Willow, Ramy juga masuk daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 dalam kategori Seni dan Budaya.

4. Hassan Yang Faming

Hanya ada satu nama baru yang masuk di kategori administrasi urusan agama dalam daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021. Dia adalah Hassan Yang Faming.

Hassan adalah Presiden Asosiasi Islam China. Perkiraan konservatif berjumlah 30 juta Muslim dari berbagai latar belakang etnis. Hui adalah yang paling padat penduduknya, tetapi Uyghur memiliki konsentrasi terbesar di wilayah Xinjiang, di mana kamp-kamp interniran menampung lebih dari satu juta Muslim dalam upaya untuk ‘mendidik kembali’ mereka. ‘Sinisasi’ Islam telah meningkat tanpa henti dalam beberapa tahun terakhir.

5. Mohamed Aboutrika

Aboutrika dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola Afrika terbaik sepanjang masa setelah mengangkat 28 gelar utama, termasuk tiga gelar Piala Afrika selama 16 tahun karirnya. Dia juga dinobatkan sebagai UNDP Goodwill Ambassadors dan diikuti secara luas, memiliki hampir 10 juta penggemar di berbagai media sosial. Dia telah mengkritik penggemar Afrika karena terlalu mengikuti klub sepak bola Eropa dan sepak bola Eropa tidak mengakui liga Afrika, tetapi hanya menggunakan bakat pemain mereka.

Dia masuk daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 pada kategori selebriti dan olahragawan.

6. Kareem Abdul-Jabar

Abdul-Jabar bermain selama 20 musim untuk Milwaukee Bucks dan LA Lakers dan pada tahun 1996 dianugerahi penghargaan sebagai salah satu dari 50 Pemain Terbaik dalam Sejarah NBA. Pada 2012, Abdul-Jabbar dipilih oleh Menteri Luar Negeri Hillary Clinton menjadi duta budaya global AS.

Pada 2016, ESPN menobatkannya sebagai pemain terbaik kedua dalam sejarah NBA (kedua setelah Michael Jordan). Di tahun yang sama, Presiden Barack Obama menganugerahinya Presidential Medal of Freedom.

Abdul-Jabbar telah menulis banyak buku dan esai, dan telah berakting dalam serial televisi dan film. Dia juga menjadi aktivis di tahun-tahun terakhirnya, berbicara menentang Islamofobia dan bentuk ketidakadilan sosial lainnya.

Dia masuk daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 pada kategori selebriti dan olahragawan.

7. Sadio Mane

Sadio Mane adalah pesepakbola Afrika tahun ini dan terkenal secara global sebagai salah satu pesepakbola terbaik di dunia. Dia memulai karirnya di Prancis sebelum pindah ke Austria, dan kemudian datang ke EPL untuk pertama kali bergabung dengan Southampton pada 2015 dan kemudian pindah ke Liverpool pada 2016.

Dia berperan penting dalam kesuksesan Liverpool, memenangkan Liga Champions pada 2019 dan kemudian mengakhiri 30 tahun menunggu untuk memenangkan Liga Premier pada tahun 2020.

Dia juga bermain untuk tim Senegal yang mencapai final piala negara Afrika 2020. Dia terlihat membuat doa (permohonan) sebelum dimulainya setiap pertandingan dan melakukan sajdah (sujud) setiap kali dia mencetak gol. Dia terkenal karena kepribadiannya yang sederhana dan rendah hati, dan telah menyumbangkan sejumlah besar kekayaan pribadinya untuk amal dan khususnya untuk mengembangkan infrastruktur di kota asalnya, Sedhiou.

Sadio Mane masuk daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 pada kategori selebriti dan olahragawan.

8. Mike Tyson

Tyson memenangkan gelar pertamanya pada tahun 1986 pada usia 20 tahun menjadikannya juara kelas berat termuda dalam sejarah. Dominasi di atas ring memudar ketika kehidupan pribadinya yang liar tumbuh di luar kendali membawanya untuk menjalani hukuman 3 tahun penjara di mana dia masuk Islam.

Setelah dibebaskan, dia melanjutkan untuk mendapatkan kembali gelar WBC dan WBA, menjadi salah satu dari sedikit orang yang melakukannya. Dia pensiun pada tahun 2006 dan dilantik di Hall of Fame Tinju Internasional dan Hall of Fame Tinju Dunia.

Setelah pensiun, Tyson melanjutkan untuk menerbitkan buku dan berakting di televisi dan film. Pada 2012, ia meluncurkan yayasan untuk pemuda bermasalah. Meskipun ia telah mengalami episode perilaku kontroversial setelah pensiun, ketulusannya untuk mencoba menegakkan nilai-nilai agamanya dan meningkatkan dirinya secara moral dan spiritual menginspirasi jutaan orang.

Dia pun masuk daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 pada kategori selebriti dan olahragawan.

9. Vivy Yusof

Vivy Yusof adalah seorang pengusaha, ikon fesyen dan influencer media sosial dengan jutaan pengikut. Dia ikut mendirikan perusahaan mode e-commerce internasional Fashion Valet dan grup dCK, yang berfokus pada hijab. Dia telah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi, termasuk di bidang kewirausahaan dan media sosial. Pertunjukan populernya ‘ Love Vivy ‘ yang mengikuti kehidupannya sebagai seorang ibu, dan pengusaha wanita berada di musim ketiga.

Dia pun masuk daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 pada kategori selebriti dan olahragawan.

10. Mishal Husain

Husain telah bekerja sebagai produser dan presenter untuk BBC selama lebih dari 20 tahun. Selain menjadi pembaca berita untuk BBC TV dan Radio BBC, Husain telah menjadi pembawa acara acara terkenal yang telah menampilkan tokoh wawancaranya seperti Boris Johnson, San Suu Kyi, dan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Dia telah memenangkan berbagai penghargaan termasuk Broadcaster of the Year Award di London Press Club Awards pada 2015. Dia adalah juri untuk Amnesty International Media Awards dan merupakan duta untuk amal Mosaic yang mendukung kaum muda dari komunitas yang kurang beruntung.

Dia baru-baru ini menulis sebuah buku berjudul ” The Skills: From First Job to Dream Job - What Every Woman Needs to Know” , yang telah dijelaskan sebagai “buku pegangan utama bagi wanita”.

Dia menjadi satu-satunya nama baru di daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 untuk kategori media. 

Selain 10 daftar tokoh paling berpengaruh diatas, berikut ini 4 tokoh muslim kategori pemimpin, politik dan tokoh publik yang paling berpengaruh di dunia 2021.

1. HH Emir Syekh Nawaf Al Ahmad Al Sabah

HH Emir Sheikh Nawaf menjabat sebagai Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) dari 2006 hingga meninggalnya saudara tirinya, HH Emir Sabah Al-Ahmad Al-Sabah pada September 2020. Sebelumnya ia menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri selama satu dekade dan kemudian menjadi Menteri Pertahanan dari 1988 Setelah invasi Irak tahun 1991, ia menjabat sebagai Menteri Urusan Sosial dan Perburuhan.

Dia sekarang berusia 83 tahun dan kenaikannya cukup mudah, seperti pemilihan Putra Mahkota yang baru, Sheikh Meshaal Al Ahmad Al Jaber Al Sabah.

HH Emir Sheikh Nawaf merupakan nama baru di daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 dalam kategori politikus.

2. HRH Sultan Haitham bin Tariq

Sultan Haitham bin Tariq naik tahta pada 11 Januari 2020 setelah meninggalnya sepupunya, Sultan Qaboos bin Said. Sebelumnya, Sultan Haitham menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, dan sebagai Menteri Warisan dan Kebudayaan sejak tahun 2002, posisi yang dipegangnya hingga dilantik sebagai Sultan Oman.

Dalam pidato pertamanya kepada bangsanya, Sultan Haitham, berjanji untuk “mengikuti jalan Sultan Qaboos dan membangunnya.” Sultan Haitham adalah olahragawan yang bersemangat dan orang pertama yang memimpin Asosiasi Sepak Bola Oman di awal tahun 80-an. Ia juga ketua dari “Visi 2040 Oman” dan digambarkan oleh ekonom sebagai “berpenampilan luar dan berorientasi Barat.”

Sultan Haitham bin Tariq juga merupakan nama baru di daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 dalam kategori politikus.

3. Sheikh Abdullah Nooruddeen Durkee

Syekh Abdullah Nooruddeen adalah pelopor dalam menyebarkan Islam di Amerika Serikat dan memiliki perbedaan sebagai sufi Shaykh kelahiran Amerika pertama. Dia diberikan khilāfah di Shādhilī Tarīqah pada tahun 1975 oleh Cairene Syekh Ibrahim al-Battāwī yang juga seorang profesor di Universitas Al-Azhar.

Sebelum menerima Islam di al-Quds di tangan Syekh Muhammad Alī al-Jamal al-Rifiāī pada tahun 1969, Sidi Nooruddeen telah memainkan peran penting dalam memperkenalkan ajaran banyak orang bijak Timur dan guru spiritual dari berbagai Tradisi kepada orang Amerika yang sedang mencari pemenuhan dan bimbingan spiritual secara intens di tahun 1960-an.

Syekh Abdullah Nooruddeen Durkee wafat di rumahnya di Green Mountain pada tanggal 25 Muharram, yang juga menandai Sahidnya Imam Zainal Abidin bin Alī bin Husain bin Ali bin ABi Thalib pada tahun 95 H.

Meski telah tiada, namanya baru dicatatkan dalam The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 kategori ulama muslim dunia.

4. Loujain Al-Hathloul

Al-Hathloul adalah seorang aktivis hak-hak perempuan Saudi dan saat ini menjadi tahanan politik. Dia adalah seorang kritikus keras terhadap undang-undang yang melarang perempuan untuk mengemudi di Arab Saudi dan dia menggunakan media sosial untuk menantang ini dan sistem perwalian laki-laki.

Pada 2014, dia ditahan selama 73 hari setelah dia mencoba mengemudi ke Arab Saudi dari Uni Emirat Arab. Setahun kemudian, Al-Hathloul berusaha untuk mencalonkan diri dalam pemilihan lokal, yang menandai pertama kalinya wanita Saudi diizinkan untuk memilih, tetapi akhirnya dilarang.

Dia ditahan lagi pada tahun 2018, tetapi kali ini dia disiksa dan ditahan di penjara tanpa dakwaan atau pengadilan selama 10 bulan, tetapi kemudian dituntut pada tahun berikutnya karena berusaha mengacaukan kerajaan. Persidangannya ditunda karena penguncian Covid-19 dan ditangguhkan tanpa batas waktu. Suaminya, seorang stand-up comedian Saudi juga telah dipulangkan secara paksa dari Yordania ke Arab Saudi dan saat ini juga ditahan.

Dia tercatat sebagai nama baru di daftar The World’s 500 Most Influental Muslims 2021 kategori isu sosial. []


Sumber Pertama: THE MUSLIMS 500
Sumber Artikel: Islampos