Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Erdogan: "Turki Hanya Tunduk pada Allah”, Tak Takut ‘Dikucilkan’ Dunia"

Erdogan: "Turki Hanya Tunduk pada Allah”. Tak Takut ‘Dikucilkan’ Dunia

Fikroh.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menegaskan bahwa negaranya tidak akan tunduk pada kekuatan lain selain kepada Allah SWT. Hal ini disampaikan Erdogan pada Kamis (8/10/2020), mengingat Turki banyak terlibat dalam banyak per3butan kekuasaan regional.

Turki telah memberikan dukungan milit3r untuk Azerbaijan dalam bentrokan yang sedang berlangsung dengan Armenia atas wilayah Nagorno-Karabakh yang disengk3takan. Selain itu, Turki juga terlibat dalam sejumlah k0nflik lainnya di kawasan Mediterania.

Turki juga tetap menjadi pendukung utama oposisi Suriah. Seringnya Turki terlibat dalam perebutan, membuat Amerika Serikat (AS) memperingatkan agar Ankara tidak melancarkan s3rangan terhadap pasukan pimpinan Kurdi. Sementara itu, operasi milit3r Turki terus berlanjut terhadap Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dil4rang di Irak utara.

Intervensi Turki juga baru-baru ini telihat dalam mendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) di Libya, dan ket3gangan berlanjut dengan Siprus dan Yunani atas sengk3ta perairan di Mediterania timur.

“Kami hanya tunduk di hadapan Allah. Kami tidak akan tunduk di hadapan kekuatan lain,” kata Erdogan dalam pesan video yang diposting di Twitter.

Komentar tersebut menyusul pidato minggu lalu, di mana Erdogan menu duh negara-negara lain mencoba mengucilkan Turki, ketika mereka berusaha untuk merestrukturisasi tatanan dunia. Namun sikap tegas Turki tersebut telah membuat negara itu disegani dan sering terlibat dalam negosiasi internasional. Salah satunya memfasilitasi negosiasi antara Hamas dan Fatah di Palestina, sehingga dua faksi terbesar itu memutuskan untuk bersatu demi kemerdekaan Palestina dan membebaskan diri dari penj4jahan Israel.