Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kesederhanaan Hidup Grand Syaikh Al-Azhar

Kesederhanaan Hidup Grand Syaikh Al-Azhar

"Grand syaikh Ahmad Thayyib adalah grand syaikh pertama kali dalam sejarah al-Azhar yang berkhidmah kepada al-Azhar tanpa gaji bulanan (karena gaji bulanan beliau selama menjabat syaikh Azhar, diserahkan ke kas al-Azhar). Beliau menolak untuk menggunakan mobil negara ketika liburannya ke Luxor. Beliau menggunakan mobil lamanya yang barangkali pejabat kecil pun akan menolak untuk memakainya." Ucap syaikh Ibrahim Najih. 

Dalam salah satu acara, syaikh Ahmad Thayyib berkata: 

"Beberapa orang ekstremis mengatakan kepada para pelajar bahwa ulama kalian adalah ulama pemerintah. Kita ulama pemerintah? Sampai hari ini saya masih ngontrak rumah dan demi Allah saya gak memiliki sepeserpun uang untuk membeli rumah!" 

Jabatan grand syaikh ini jabatan agung sekali. Yang pernah menjabat jabatan ini adalah orang-orang yang kitab-kitabnya dipelajari oleh jagad dunia keislaman abad 12,13 dan 14. Ada syaikh Ibrahim Baijuri (grand syaikh ke 18), syaikh Ahmad Damanhuri, syarih Sullam Munawraq. Syaikh Hasan Athhar dan lain-lain. Jika seorang presiden hanya mengurusi masalah dalam satu negara, grand syaikh mengurusi masalah umat Islam sedunia. 

Kalau saja beliau mau, beliau bisa hidup mewah, memiliki istana besar dan mobil yang mahal serta harta yang melimpah. Tapi, beliau lebih memilih hidup sederhana nan bersahaja sebagaimana kakek beliau, baginda Nabi Muhammad saw. 

Salah satu kisah syaikh Azhar Ahmad Thayyib yang membuat batin saya terenyuh, suatu hari beliau tiba-tiba ingin pergi ke asrama Madinatul Buuts, asrama pelajar asing al-Azhar. Syaikh Abbas Syouman, wakil beliau yang bercerita kisah ini, menanyakan beliau ada apa gerangan kok tiba-tiba ingin ke buuts. Syaikh Ahmad Thayyib menjawab: 

"Ada pelajar asing yang mengeluhkan makanan di asrama kurang garam." Syaikh Abbas Syouman langsung mengatakan: "Biar saya yang urus." Syaikh Azhar mengatakan: "Sekarang juga!" 

Ini sekelas syaikh Azhar, Imam besar umat Islam lo, tapi masih mau dan sempat-sempatnya mengurusi hal yang seremeh itu. Sungguh saya bersyukur sekali berada di zaman beliau. Bersyukur sekali. Perhatian beliau kepada kesejahteraan para santri al-Azhar tidak pernah henti. Beliau berharap sekali kepada kita ketika pulang benar-benar membawa risalah al-Azhar dan ajaran leluhurnya. 

عن الطيب المحبوبِ أنشدْ قصيدةً

تبين فيها فيضه المتجـــــــــــــددا

صبورٌ إذا يؤذى وقورٌ إذا يــــــــرى

رحيمٌ لأحبابٍ شديدٌ على العــــــدا

حريصٌ على الا يجوع المســـــاكن

كريمٌ على الراجي وما كان أزهــدَا

Senandungkanlah sebuah kasidah tentang syaikh Ahmad Thayyib yang di dalamnya menjelaskan limpahan kebaikannya yang terus-menerus .

Beliau benar-benar sabar ketika disakiti. Beliau benar-benar berkharisma ketika dilihat. Beliau menyayangi para pecinta dan tegas kepada para musuh. 

Beliau benar-benar bersungguh-sungguh agar orang-orang miskin tidak lapar. Beliau dermawan kepada yang meminta bantuan. Alangkah zuhudnya beliau. 

هو الأشعريُّ المالكيْ شيــخ الازهر 

سلالة أهل بيت سيـــــــدنا الهـدى

وإن رغب العذال عنه فقل لـــــهم

وهل ضرَّ ظلمٌ نورَه المتوقــــــــدا

ألا شرُّ حسَّادين من ظنَّ أنـــــــــــه

على حسدٍ نال الفضائلَ مصعــــدا

Beliau adalah seorang Asy'ari, Maliki, Syaikh Azhar. Keturunan kanjeng Nabi Muhammad saw. 

Jika orang-orang rendahan benci kepada beliau katakanlah, apakah kegelapan memberi efek kepada cahaya beliau yang senantiasa berpendaran?!

Seburuk-buruknya orang yang hasud adalah orang yang menduga bahwa dengan hasud dia telah tinggi dan meraih keutamaan! 

وأنت أبٌ للوافدين وغيــــــــــرهم

يعاني على أبنائه متجلـــــــــــــــدا

ولو نطقت أبياتُ شعرٍ وقطـــــــعةٌ

من النثرِ لاستحيتْ على أن تُمَجِّدا

رموكَ بسوء القولِ من حسدٍ فهــل

تساويكَ أحجارٌ وكنتَ زبـــــــرجدا

Engkau adalah ayah bagi pelajar asing dan selainnya. Beliau benar-benar letih dan sabar membimbing mereka. 

Sekiranya beberapa bayt Syair dan potongam dari prosa bisa berbicara, masih dia akan malu untuk memuji beliau.

Mereka para pendengki mengucapkan perkataan buruk kepadamu karena dengki. Apakah batu-batuan tak berharga bisa menyamai kedudukanmu, sementara engkau adalah batu Zabarjad yang mempesona dengan kilauan warna hijaunya! 

[شهاب الشيباني الإندونيسي]

Semoga ayah kita, grand syaikh Azhar selalu sehat dijaga oleh-Nya!