Iran Eksekusi Mati Empat Tahanan Kelompok Al-Ahwaziye

Fikroh.com - Badan Aktivis Hak Asasi Manusia Iran (Hrana) mengumumkan bahwa 4 orang bernama Casım Haydari, Ali Hosarci, Hüseyin Silavi dan Nasır Hafacıyan dieksekusi di Penjara Sepidar di Ahvaz pada hari Minggu atas tuduhan "pemberontakan".

Dinyatakan bahwa orang-orang tersebut ditangkap oleh aparat keamanan pada tahun 2017 dengan tuduhan menyerang dua kantor polisi di Ahvaz dan dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Revolusi Ahvaz sebagai hasil persidangan.

Eksekusi dilaporkan terjadi pada hari Minggu, setelah persetujuan dari Mahkamah Agung, tak lama setelah pertemuan terakhir para tahanan dengan keluarga mereka.

Di sisi lain, tercatat bahwa Casım Haydari, Ali Hosarci, Hüseyin Silavi dan Ali Matiri, yang dieksekusi pada 28 Januari, melakukan mogok makan pada Januari untuk memprotes larangan kunjungan dan penganiayaan pihak berwenang.

Beberapa media yang dekat dengan aparat keamanan berpendapat bahwa orang-orang tersebut dieksekusi atas tuduhan "kegiatan teroris".

Kantor berita resmi Iran IRNA menyatakan bahwa Casim Haydari adalah salah satu "elemen penting" dari separatis Al-Ahwaziye (Gerakan Arab Pembebasan Ahvaz), yang beroperasi di bawah "Perlawanan Nasional Ahwaz", mengklaim bahwa itu terkait dengan organisasi Al Nusra. beroperasi di Suriah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama