HNW: Suasana akan Kondusif Jika Hakim Terima Tuntutan HRS Sidang Offline

Fikroh.com - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) angkat bicara terkait persidangan Habib Rizieq Syihab (HRS). Menurutnya, HRS menuntut keadilan dengan persidangan yang digelar secara langsung (offline).

“HRS tuntut keadilan untuk disidangkan secara offline, seperti yang lain. HRS siap bantu agar tak terjadi kerumunan,” kata HNW dalam akun Twitternya, Jumat malam (19/3/2021).

HNW mengatakan, suasana akan kondusif jika hakim mau menerima tuntutan HRS tersebut.

“Kalau saja hakim yang tak larang kerumunan aparat dan wartawan di Pengadilan, menerima tuntutan keadilan HRS, suasana akan kondusif dan hukum bisa tegak,” jelas HNW.

Seperti diketahui, sidang kasus terkait kerumunan di Petamburan dan Megamendung dengan terdakwa Habib Rizieq digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (19/3/2021). Majelis hakim dan jaksa hadir langsung di ruang persidangan di PN Jaktim.

Saat sidang akan digelar sekitar pukul 10.00 WIB, Habib Rizieq dijemput oleh jaksa dari rutan di Bareskrim Polri. Namun dia menolak ikut sidang secara virtual.

“Kan saya tolak sidang online. Kok saya dipaksa begini?” ujar Habib Rizieq.

“Bukan tidak menghadiri sidang. Saya hendak mengikuti sidang offline, hadir di ruang sidang. Sidang online saya tidak siap. Saya sudah sampaikan alasannya,” sambungnya.

Hakim kemudian memerintahkan jaksa menghadirkan Habib Rizieq untuk mengikuti sidang secara virtual. Habib Rizieq kemudian dibawa ke salah satu ruangan. Dia tetap menolak dan mengatakan dipaksa dan didorong ke ruangan itu.

“Saya didorong, saya tidak mau hadir. Saya sampaikan ke Majelis Hakim, saya tidak ridho dunia-akhirat. Saya dipaksa, didorong, dihinakan,” ucap Habib Rizieq.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama