Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Erdogan Pecat Gubernur Bank Sentral Turki Nancy Aqbal, Hanya 3 Bulan Setelah Dilantik

Erdogan Pecat Gubernur Bank Sentral Turki Nancy Aqbal Baru 3 Bulan Menjabat

Fikroh.com - Erdogan kembali "memecat" Gubernur Bank Sentral Turki Nancy Agbal. Hanya setelah 3 bulan lalu dilantik.

Agbal 3 bulan lalu menggantikan Murat Uyshal yang juga diberhentikan oleh Erdogan.

Murat Uyshal sendiri juga jadi gubernur Bank sentral Turki setelah Erdogan sebelumnya juga "memecat" Gubernur Bank Sentral sebelumnya Murat Cetinkaya.

Kemarin, gubernur Bank sentral Turki yang baru ditunjuk oleh Erdogan yaitu Profesor Sahav Kavcioglu. 

Dalam 3 tahun terakhir, Erdogan memberhentikan 3 Gubernur Bank Sentral. Masalahnya masih sama, tidak mampu atau belum mampu menerapkan kebijakan ekonomi dalam platform Erdogan khususnya soal soal suku bunga dan penguatan lira.

Erdogan berterima kasih kepada semua mantan mantan gubernur Bank sentral yang Pernah menjabat atas dedikasi mereka. Karena semua diberhentikan dengan hormat.

Kebijakan Erdogan yang sangat agresif dalam hal ekonomi tidak main main, mengingat apa yang dibutuhkan oleh turki saat ini adalah ketegasan presiden dalam upaya menstabilkan ekonomi turki yang memang dalam tekanan internasional.

Turki membutuhkan kebijakan ekonomi yang fundamental dan "radikal". Jika Turki mau keluar dengan sehat dari tekanan internasional.

Erdogan sangat paham, bahwa ada celah celah yang dimanfaatkan oleh dunia internasional khususnya para musuh Turki yang terus ingin mengganggu ekonomi turki lewat kebijakan kebijakan gubernur Bank sentral.

Di titik ini, Erdogan saya perhatikan tidak pernah berkompromi dengan siapapun termasuk dengan para menteri menterinya.

Bukan hanya gubernur Bank sentral, bahkan Mentri keuangan Turki yang juga menantu Erdogan sendiri juga ikut resign karena persoalan ekonomi yang memberikan jalan kepada Erdogan untuk mengambil langkah apapun untuk penyehatan ekonomi.

Kepemimpinan Erdogan sedang terus diuji, salah satunya dengan kebijakan ekonomi yang tidak bisa ditolerir atas nama apapun demi keselamatan negara.

Saya kira, penunjukan Sahav Kavcioglu sebagai gubernur Bank sentral yang baru beserta menteri keuangan baru Turki yang juga baru menjabat 3 bulan Luthfi Elvan juga tidak akan aman. Mereka akan terus rawan di reshuffle oleh Erdogan kedepan jika platform ekonomi turki tidak mengalami perbaikan.

Disisi lain, para pengamat ekonomi dunia menilai semua kebijakan Erdogan diatas tidak lain karena Erdogan bukanlah pemimpin model negara ketiga lain di dunia yang selalu bisa ditekan oleh dunia internasional lewat permainan mata uang dan intervensi kepada bank sentral mereka.

Sekali lagi menurut para pengamat, bahwa apa yang dilakukan Erdogan selama ini adalah bagian dari menjalankan fungsi leadership kepala negara yang tegas, terarah dan Terukur.