Media As: Hanya Pasukan Turki Yang Lindungi 5 Juta Warga Suriah Pengungsi Suriah

Fikroh.com - Harian Amerika Serikat The New York Times mengatakan tentara Turki adalah satu-satunya yang mencegah kemungkinan pembantaian jutaan warga Suriah di tangan pasukan rezim Bashar al-Assad.

"Sebagai akhir dari perang saudara Suriah yang selama satu dekade masih mengacaukan dunia, Turki telah menjadi satu-satunya kekuatan internasional di lapangan yang melindungi sekitar lima juta warga sipil yang terlantar dan rentan," kata sebuah artikel berjudul "Di Zona Aman Turki di Suriah, Keamanan dan Penderitaan Berjalan Bergandengan Tangan".

Artikel yang ditulis oleh Carlotta Gall, kepala biro Istanbul The New York Times, mengatakan Turki sebelumnya dikritik secara luas ketika mengirim pasukan ke Suriah.

"Tapi hari ini, warga Suriah yang mereka lindungi merasa senang bahwa Turki ada di sana, meskipun mereka mengalami kesulitan," kata Gall.

Dia mengatakan pasukan Turki berdiri di antara mereka dan potensi pembantaian di tangan pasukan Presiden Bashar al-Assad dan sekutunya, Rusia.

Laporan tersebut mengutip seorang pemilik tanah dari Damaskus yang mengatakan bahwa dia ingin tinggal di Turki selama Assad masih memerintah negara yang dilanda perang itu.

"Kami tidak akan kembali ke desa kami sampai Turki memberi kami perlindungan. Tanpa Turki, kami tidak dapat bertahan hidup," ujar dia.

Suriah telah dilanda perang sipil sejak awal 2011, ketika rezim Assad menindak pengunjuk rasa pro-demokrasi.

Menurut perkiraan PBB, ratusan ribu orang tewas dan lebih dari 10 juta mengungsi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama