Innalillahi, Telah Wafat KH Atabik Ali Penulis Kamus Kontemporer Arab-Indonesia

Fikroh.com - Kabar duka datang dari jamaah nahdliyyin. Ulama senior Nahdlatul Ulama NU, KH Atabik Ali, wafat hari ini wafat pada Sabtu 6 Februari 2021 sekitar pukul 13.00 WIB di usia 77 tahun di Yogyakarta. 

Almarhum merupakan pengasuh Ponpes Krapyak Bantul yang juga putera dari KH. Atabik Ali bin KH. Ali Maksum, sahabat dekat Almaghfurulahu TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

KH Atabik Ali adalah putra KH Ali Maksum, Rais Aam PBNU 1981-1984. Setelah wafatnya Kiai Ali Maksum pada tahun 1989, Kiai Atabik melanjutkan kepemimpinan pesantren dari ayahanda tercinta. 

Di tangan Kiai Atabik, pesantren kemudian berkembang pesat dengan berbagai terobosan yang luar biasa. Kiai Atabik Ali juga pernah duduk dalam kepengurusan PBNU di masa Gus Dur, yakni sejak Muktamar Situbondo tahun 1984. Kiai Atabik masuk jajaran sebagai Ketua PBNU.

Beliau adalah penulis Kamus Al-Ashri atau Kamus Kontemporer Arab Indonesia bersama ahmad zuhdi muhdlor. Hingga saat ini, kamus al-ashri telah alami perubahan menjadi tiga bahasa. yakni, inggris-indonesia-arab. Namun kamus dengan tiga bahasa tersebut disusun sendiri oleh Atabik Ali serta diterbitkan pada 2003.

InsyaAllah Almarhm Husnul Khotimah. Alfatihah....

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama