Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Anggota Dewan Ulama Al-Azhar, Syaikh DR Ahmed Taha Rayan Wafat

Anggota Dewan Ulama Al-Azhar, Syaikh DR Ahmed Taha Rayan Wafat

Fikroh.com - Salah satu anggota kibarul ulama al-azhar Syaikh Ahmed Taha Rayan wafat, beliau adalah salah satu ulama terkemuka dari madzhab Maliki dan anggota Otoritas Cendekiawan Senior di Al-Azhar Al-Sharif.

Beliau meninggal di usia 81 tahun karena infeksi virus Corona, dan berdasarkan data yang ada beliau adalah anggota pertama Otoritas ulama Tertinggi Al-Azhar yang meninggal karena infeksi virus Corona.

Kabar wafatnya diinformasikan oleh murid-muridnya melalui halaman pribadi mereka di media sosial Facebook. 

Syaikh Ahmed Taha Rayan lahir pada tanggal 10 Februari 1939 di Luxor, dan mengikuti pendidikan Al-Azhar hingga lulus dari Fakultas Syariah dan Hukum di Kairo pada tahun 1966 M, dan memperoleh gelar master dalam bidang ilmu hukum komparatif pada tahun 1968, kemudian menjadi gelar doktor pada tahun 1973 M, dan naik dalam jenjang akademik di perguruan tinggi hingga ia memperoleh gelar profesor pada tahun 1985 M.

Beliau telah mengajar dan memegang banyak posisi ilmiah dan administrasi di Universitas Al-Azhar dan universitas Arab dan Islam, dan dia memimpin komite Ensiklopedia Yurisprudensi Islam di Kementerian Wakaf, dan dikirim sebagai perwakilan Al-Azhar untuk berpartisipasi dalam banyak konferensi Islam dan internasional, dan lain-lain, dan ia terpilih sebagai anggota Majelis Ulama Senior dalam formasi pertamanya ketika kembali pada tahun 1433 H / 2012 M.

Ia memperoleh gelar internasional dari Sekolah Tinggi Syariah dan Hukum Kairo pada tahun 1966, kemudian ia memperoleh gelar master pada tahun 1968, kemudian gelar doktor dalam bidang hukum komparatif pada tahun 1973.

Ia diangkat menjadi guru di perguruan tinggi pada tahun 1974 M, kemudian menjadi asisten profesor pada tahun 1980 M, kemudian menjadi profesor pada tahun 1985, kemudian menjadi profesor penuh waktu di perguruan tinggi pada tahun 2004 M.

Ia memegang sejumlah posisi administratif, termasuk:

  • Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Assiut.
  • Presiden Ensiklopedia Yurisprudensi Islam di Dewan Tertinggi Urusan Islam di Kementerian Wakaf.
  • Dekan Sekolah Tinggi Syariah dan Studi Islam di Universitas Al-Ahgaf di Yaman.
  • Perwakilan dari Kolese Imam Malik untuk Syariah dan Hukum di Dubai.
  • Kepala Departemen Yurisprudensi Komparatif di Sekolah Tinggi Syariah dan Hukum di Kairo.
  • Kepala Kantor Akademik Universitas Terbuka Amerika di Kairo.
  • Dia mengawasi dan mendiskusikan lebih dari seratus dua puluh tesis master dan doktoral.
  • Dia melakukan perjalanan ilmiah ke Arab Saudi, Yordania, Emirat, Bangladesh, Uzbekistan, Denmark, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat.