Wow, DKI Jakarta Dinobatkan Sebagai Kota Bebas Macet

Fikroh.com - Provinsi DKI Jakarta telah keluar dari 10 besar kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index. Berdasarkan akun Instagram resmi @dkijakarta, kini Ibu Kota berada pada urutan 31 dari total 416 kota yang diukur oleh lembaga tersebut. “Terima kasih kepada seluruh masyarakat Jakarta,” tulis akun @dkijakarta pada unggahannya hari ini, Ahad, 17 Januari 2021.

Sejak tahun 2017-2020 tingkat kemacetan Jakarta berdasarkan TomTom Traffic Index terus membaik. Pada tahun 2017, Jakarta berada pada peringkat 4 kota termacet di dunia dengan tingkat kemacetan 61 persen.

Setahun setelahnya, pada 2018, peringkat kemacetan DKI Jakarta turun menjadi nomor 7. Saat itu, persentase kemacetan Ibu Kota tercatat sebesar 53 persen.

Pada 2019, TomTom Traffic Index mencatat kemacetan Jakarta masih sama dengan setahun sebelumnya, yaitu 53 persen. Namun, saat itu peringkat Jakarta turun menjadi nomor 10 kota termacet di dunia.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kala itu mengatakan pemerintah berhasil menahan persentase kemacetan di tengah peningkatan jumlah kendaraan serta proyek pembangunan yang ada di ibu kota.

Hal itu, kata dia, yang menjadi kunci keberhasilan Jakarta memperbaiki peringkat dalam daftar kota termacet di dunia. “Artinya ini cukup menyumbang. Bayangkan jika tidak dilakukan apa-apa tentu tidak bisa kita pertahankan 53 persen," ujarnya di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta pada Senin, 3 Februari 2020.

Perubahan signifikan terjadi pada tahun 2020, di mana TomTom mencatat kemacetan Jakarta sebesar 36 persen dan berada pada peringkat 31. “Turun 17 persen dari tahun sebelumnya. Artinya, Jakarta semakin tidak macet,” tulis akun @dkijakarta.

Sumber: Tempo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama