PWNU Jatim Soal Abu Janda Pakai Baju Banser: Tidak Jelas Asal-usulnya

Fikroh.com - Pegiat media sosial Abu Janda kini menjadi perbincangan karena dugaan rasisme. Pria yang kerap mengenakan Baju Banser ini dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh KNPI.

Menanggapi keterkaitan Abu Janda dengan NU, PWNU Jatim menegaskan semua pernyataan Permadi Arya alias Abu Janda selama ini sama sekali tak ada kaitannya dengan NU. Sebaliknya, pernyataan Abu Janda banyak merugikan NU.

"Yang perlu dipahami juga, Abu Janda juga tak ada kaitannya dengan NU. Sama sekali tak ada," tegas Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Abdusalam Sokhib kepada detikcom, Jumat (29/1/2021).

"Menurut saya bahkan lebih banyak cenderung merugikan NU," tambah pria yang disapa Gus Salam itu.

Gus Salam kemudian menyoroti kebiasaan Abu Janda yang kerap berpakaian baju banser. Menurut Gus Salam hal itu sangat dipatut dilakukan Abu Janda.

Abu Janda Nge-twit soal 'Islam Arogan', Ini Kata PWNU Jatim.

"Itu juga dia sering pakai baju banser dan seterusnya. Itu kan menurut saya sesuatu yang tidak patut dia lakukan. Dan sangat merugikan," ujar Gus Salam.

"Dan sebenarnya kami juga tidak tahu latar belakang dia itu apa. Kemudian kok bisa seorang Abu Janda yang tidak jelas asal-usulnya menjadi tokoh yang kemudian pernyataan-pernyataan ini sering menghebohkan kalau tidak ada orang-orang di balik itu tidak mungkin," tandas Gus Salam.

Sebelumnya, Permadi Arya alias Abu Janda dipolisikan terkait cuitannya yang diduga rasisme terhadap mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. PBNU menegaskan pernyataan Abu Janda tak ada kaitannya dengan NU.

"Oh nggak dong. Saya kira pernyataan yang disampaikan Abu Janda kalau seperti itu, itu tidak mewakili NU ya. Tidak mewakili NU," kata Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini di gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (28/1/2021).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama