Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Qusthul Hindi, Herbal Pereda Pernapasan dan Aneka Kesehatan

Mengenal Qusthul Hindi, Herbal Pereda Pernapasan dan Aneka Kesehatan

Fikroh.com - Qusthul hindi atau disebut juga qusthul bahri, قسط الهند dalam bahasa arab, Indian Costus Oil (english: Saussurea costus), merupakan salah satu tanaman obat yang paling terkenal dan memiliki banyak manfaat. Tanaman ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, karena kandungan nutrisinya yang tinggi, Qusthul Hindi cocok bagi para pelaku diet, karena membantu membakar lemak dalam jumlah besar. Secara historis, orang kuno menggunakannya untuk mengobati penyakit kronis, sementara para dukun menggambarkannya sebagai obat ajaib, karena kemampuannya untuk mengobati banyak penyakit.

Qusthul Hindi dibudidayakan secara luas di wilayah India, sehingga disebut Qusthul India, dan juga dibudidayakan di negara tetangga lainnya, seperti Sri Lanka dan Malaysia. Karena perhatian yang kurang, keberadaan tanaman ini berangsur-angsur mulai menghilang, meskipun ada upaya dari Kementerian Kesehatan India untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghentikan pemotongan jenis tanaman ini. India juga merupakan negara pertama yang mengekspornya, karena penyebarannya yang luas di sebagian besar wilayah India.

Apa itu Qustul India?

Qustul Hindi masih dalam keluarga tanaman jahe, dan namanya dalam bahasa Inggris adalah Saussurea costus. Menurut situs medis WebMD, akar Qustul India mengandung bahan kimia yang membantu menyingkirkan penyakit yang mempengaruhi sistem pencernaan, karena mereka bekerja untuk membunuh cacing (nematoda) dan memurnikan sistem pencernaan. Menurut situs tersebut, banyak penelitian menunjukkan bahwa minyak yang dikandung tanaman ini, terutama di akarnya, membantu memperluas trakea, memungkinkan lebih banyak oksigen masuk ke saluran udara penderita asma dan penyakit pernapasan lainnya.

Manfaat Qustul Hindi

Akar Qusthul hindi dicirikan sebagai obat antiseptik, anti-spasmodik, pencernaan dan pernapasan, penolak gas, dan antihipertensi. Akar premium India dan minyak yang berasal darinya biasanya digunakan untuk:

1. Pengobatan cacingan dan penyakit usus

Salah satu manfaat terpenting dari premium India adalah kemampuannya untuk mengobati cacing, karena hasil temuan menunjukkan bahwa minyak Qustul hindi mengandung bahan kimia yang berkontribusi dalam membunuh cacing bulat atau nematoda, seperti Ascaris.

2. Mengobati batuk, asma dan infeksi saluran pernafasan

Salah satu manfaat premium India pada sistem pernapasan adalah keefektifannya dalam mengobati batuk dan infeksi.

Dimana para peneliti telah membuktikan dalam sejumlah studi ilmiah bahwa Indian Costus Oil berkontribusi dalam mencegah bronkokonstriksi dan mengobati gejala berbagai infeksi saluran pernafasan.

3. Penyedap rasa untuk berbagai makanan dan minuman

Indian Costus Oil bisa digunakan sebagai bumbu, dan juga ditambahkan ke minuman beralkohol dan bersoda serta makanan penutup untuk menambah rasa yang berbeda.

4. Tonik dan stimulan untuk sistem pencernaan

Indian Costus Oil adalah zat penolak gas dan penguat kesehatan pencernaan berkat sifat astringentnya.

Biasanya dianjurkan untuk menambahkan dua tetes Minyak Indian Costus Oil ke teh hangat untuk membantu melancarkan pencernaan.

5. Memperkuat kekebalan tubuh

Indian Costus Oil memiliki khasiat antiseptik dan penyembuhan, meredakan radang dan melawan bakteri dan kuman. Indian Costus Oil juga membantu mengobati kolera.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Salah satu manfaat paling menonjol dari Indian Costus Oil (Qustul Hindi) untuk kulit adalah kemampuannya untuk melawan tanda-tanda penuaan, berkat kandungan antioksidannya yang melawan radikal bebas dan mencegah kerutan, garis halus, dan bintik-bintik penuaan.

Juga ditemukan bahwa Indian Costus Oil berguna untuk mengobati beberapa penyakit kulit seperti eksim, psoriasis dan ketombe, selain berperan dalam membantu menyembuhkan infeksi kulit.

Berkat sifat ini, ini digunakan dalam wewangian dan kosmetik.

7. Pengobatan luka pada usus

Kami menyebutkan bahwa Indian Costus Oil membantu dalam mengobati penyakit usus, karena berkontribusi untuk mengobati tukak yang parah dan mempercepat penyembuhannya.

8. Mempercepat proses penyembuhan

Menggunakan pasta dari bubuk akar Indian Costus dan mengoleskannya pada luka mempercepat proses penyembuhan dan mencegah infeksi. Bubuk akar Qustul Hindi  juga bisa digunakan sebagai salep astringent, dan kasiat ini adalah salah satu manfaat paling menonjol dari Indian Costus Oil.

Setelah Anda membiasakan diri dengan manfaat Indian Costus Oil (Qustul Hindi), pelajari juga tentang efek sampingnya.

Efek samping Indian Costus Oil

Bagi kebanyakan orang, akar qusthul hindi atau bahkan minyaknya dianggap aman dikonsumsi jika diminum.

Tetapi penting untuk dicatat bahwa Indian Costus Oil mengandung asam Aristolochic, yang dapat memicu atau menambah kerusakan ginjal dan kanker, jadi biasanya disarankan untuk tidak menggunakan produk apapun yang mengandung Indian Costus Oil dan belum terbukti bebas dari asam Aristolushic.

Tidak ada cukup informasi yang dapat dipercaya tentang keamanan wanita hamil atau menyusui yang mengambil qustul hindi, jadi sebaiknya tidak menggunakannya selama periode ini.

Beberapa orang mungkin alergi terhadap beberapa tanaman, termasuk Indian Costus Oil, jadi disarankan untuk memastikan tidak ada reaksi alergi sebelum memakannya.

Dosis yang diperbolehkan untuk dikonsumsi

Dosis qusthul hindi yang diizinkan bergantung pada beberapa faktor, termasuk usia penderita, riwayat kesehatan, dan banyak lainnya.

Sayangnya, tidak ada informasi yang cukup untuk menentukan jumlah yang diizinkan, jadi selalu pastikan sebelum membawanya ke dokter atau apoteker Anda untuk menentukan apakah itu aman untuk Anda.