Ketum Pemuda Muhammadiyah Jadi Komisaris Utama BUMN

Fikroh.com - Cak Nanto, sapaan akrab Sunanto, seorang Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah diangkat Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Komisaris Utama PT Istaka Karya (Persero), sekaligus merangkap sebagai komisaris independen di BUMN tersebut.

Sekretaris Perusahaan Istaka Karya, Yudi Kristanto menyatakan bahwa Sunanto menggantikan Hedy Rahadian yang digeser Erick menjadi Komisaris PT PP (Persero), sebagaimana dilansir Kumparan, Jumat (8/1/2021)

Dengan diangkatnya Sunanto, kata Yudi, susunan Dewan Komisaris Istaka Karya terdiri atas Komisaris Utama/Komisaris Independen Sunanto dan Komisaris Iswanto Sunaryo yang sudah lebih dulu menduduki kursi tersebut.

Cak Nanto merupakan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022. Ia terpilih setelah penghitungan suara dalam Muktamar di Yogyakarta pada usia 38 tahun menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak, yang saat ini merupakan Staf Khusus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Cak Nanto lahir di Sumenep 24 September 1980, memulai pengabdiannya di Muhammadiyah dengan menjadi kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Sumenep. Kala itu dia masih tercatat sebagai siswa SMA Muhammadiyah 1 Sumenep pada tahun 1997.

Selanjutnya, pada tahun 2001, ia melanjutkan pendidikannya ke Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) jurusan Hukum Islam. Di situlah kemampuan berorganisasi Cak Nanto semakin berkembang.

Sejumlah jabatan pun pernah diembannya, seperti Ketua Bidang Kader Dewan Pimpinan Daerah IMM Jawa Tengah periode 2004-2006 dan Ketua Umum DPD IMM Jawa Tengah periode 2004-2009.

Tak berhenti di situ, prestasi Cak Nanto terus menanjak. Ditandai dengan menjadi Ketua Bidang Hikmah Dewan Pimpinan Pusat IMM periode 2008-2010 di Muktamar IMM ke-13 di Bandar Lampung.

Dari jenjang tersebut, Cak Nanto lantas mendapat promosi menduduki jabatan di pimpinan pusat Muhammadiyah, dengan jabatan yang diembannya yaitu, Ketua Bidang Hikmah dan Hubungan Antar Lembaga PP Pemuda Muhammadiyah dan Wakil Sekretaris Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah.

Di luar Muhammadiyah, Cak Nanto pun memiliki pengalaman cukup banyak. Di mana dia pernah menjabat sebagai Sekretaris DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Tengah periode 2011-2014 dan pernah tercatat sebagai Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama