Fenomena Langka, Bulan Diatas Ka'bah Terjadi Hari Ini

Fikroh.com - Langit Makkah Al-Mukarramah akan terjadi fenomena alam yang menakjubkan hari ini, Kamis, 15 Jumada al-Thani 1442, bertepatan dengan 28 Januari 2021. Yakni fenomena langka bulan tegak lurus diatas Ka'bah.

Bulan purnama akan tepat berada tegak lurus dengan Kabah di Kota Makkah, Arab Saudi, Kamis pekan ini. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Asosiasi Astronomi Jeddah Majid Abu Zahira kepada stasiun televisi Al-Arabiya.

Dia menjelaskan fenomena langka itu akan terjadi pada pukul 00:43 Kamis dini hari. Posisi bulan purnama tegak lurus dengan Kabah ini dapat disaksikan dengan mata telanjang. "Bulan akan tetap terlihat di langit semalaman hingga terbit matahari pada Jumat," katanya.

Posisi bulan purnama tepat di atas Kabah ini dapat dipakai beberapa wilayah di dunia untuk memperbaiki arah kiblat di masjid agar menghadap ke Kabah.

Bulan akan mencapai saat bulan purnama dengan sudut 180 derajat dari matahari pada pukul 07:16 GMT, dan dengan demikian akan menyelesaikan setengah dari orbitnya mengelilingi bumi selama bulan ini.

Ini akan diikuti oleh kedatangan bulan pada saat tegak lurus (09:43:34 pm GMT) dan akan berada di ketinggian (89,57,46 derajat) dan sejumput terang (99,9%) dan pada jarak 381.125 km, dan setelah ortogonal, bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai terbenam dengan matahari terbit pada hari Jumat.

Fenomena tegak lurus merupakan salah satu metode ilmiah untuk memastikan keakuratan perhitungan pergerakan benda langit, termasuk bulan, yang menjadikan penentuan lokasinya sangat akurat, selain itu fenomena astronomi ini juga dapat digunakan untuk mengetahui arah pergerakan benda langit. kiblat dengan cara yang sederhana dari beberapa wilayah di seluruh dunia, seperti yang dilakukan orang dahulu.

Bagi mereka yang tinggal di lokasi geografis yang jauh dari Masjidil Haram dan di mana bulan terlihat di atas cakrawala pada saat tegak lurus, arah bulan menunjuk ke Mekah dengan cara yang sebanding dengan keakuratan aplikasi ponsel pintar.

Pada malam-malam mendatang, bulan akan terbit terlambat sekitar satu jam setiap hari, dan dalam beberapa hari hanya akan terlihat di langit fajar dan dini hari, dan pada saat itu akan mencapai fase kuadrat terakhir seminggu setelahnya. itu telah jatuh ke fase bulan purnama.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama