Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Din Syamsuddin Ajak Masyarakat Salurkan Wakaf Ke Lembaga Islam Saja

Din Syamsuddin Ajak Masyarakat Salurkan Wakaf Ke Lembaga Islam Saja

Fikroh.com - Mantan ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin mengajak masyarakat untuk mengamalkan ajaran Islam tentang wakaf. Ini sejalan dengan seruan pemerintah untuk melaksanakan Gerakan Wakaf Nasional.

"Kami menyerukan kepada umat Islam agar berwakaf, baik uang maupun harta, ke organisasi atau lembaga Islam," ujar mantan ketua umum Muhammadiyah tersebut, dalam siaran persnya, Jumat (29/1).

Menurut Din, selama ini, lembaga maupun organisasi Islam berjuang untuk memajukan kehidupan bangsa melalui banyak saluran. Mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial, dan pemberdayaan ekonomi. Tak ketinggalan, pembangunan masjid, mushola, dan sarana dakwah lainnya.l

"Mereka (lembaga/organisasi Islam) sangat membutuhkan bantuan dana, apalagi di masa pandemi sekarang ini," ujarnya.

Din mengatakan, lembaga-lembaga maupun organisasi Islam ini akan mengemban amanah wakaf dengan baik, demi kemaslahatan umat. Untuk itu, berwakaf melalui ormas maupun lembaga Islam dinilainya dapat menambah pahala dan amal jariah.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) dan Brand Ekonomi Syariah Tahun 2021, Senin (25/1). Program ini diluncurkan untuk mencari jalan sebagai upaya mengurangi ketimpangan sosial, selain itu untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh pelosok Tanah Air.

Salah satunya melalui pengembangan dan pengelolaan lembaga keuangan syariah. "Salah satu langkah terobosan yang perlu kita pikirkan adalah pengembangan lembaga keuangan syariah yang dikelola berdasarkan sistem wakaf. Potensi wakaf di Indonesia sangat besar, baik wakaf benda tidak bergerak maupun benda bergerak termasuk wakaf dalam bentuk uang," ujar Kepala Negara.