BiP Jamin Keamanan Data Penggunanya Dengan Enkripsi TLS

Fikroh.com - Gayung bersambut, pengguna aplikasi pesan cepat whatsapp langsung cari aplikasi alternatif. Hal ini menyusul rencana kebijakan baru yang akan diterapkan pihak WhatsApp. Pengguna menilai kebijakan baru whatsapp sangat merugikan dari sisi keamanan data penggunanya.

Mengingat whatsapp bukan satu-satunya alat pesan instan yang tersedia di PlayStore, para pengguna dari berbagai negara mulai beramai-ramai migrasi ke aplikasi Seperti Signal dan Telegram. Namun selain dua aplikasi itu ada satu aplikasi yang banyak diminati adalah BiP. Platform asli buatan Turki ini dinilai pengganti whatsapp yang paling sebanding dengan whatsapp bahkan sedikit lebih unggul dengan fitur bawaannya.

Lalu, bagaimana Sistem Keamanan aplikasi BiP?

Mengutip informasi yang berhasil fikroh.com ambil dari kumparan.com, bahwa: 

Semua data BiP disimpan di pusat data Turkcell di Istanbul dan Ankara yang memegang sertifikasi keamanan internasional ( Transport Layer Security TLS). Seluruh komunikasi pesan pada BiP dikirim dengan aman menggunakan enkripsi TLS. Tidak ada pihak ketiga yang dapat mengakses dan membaca pesan dengan melakukan intervensi dalam sistem. 

Penting untuk diketahui, Aplikasi chating BiP ini dikembangkan oleh operator seluler asal Turki, Turkcell, sejak tahun 2013. Turkcell mengeklaim, aplikasi chat buatannya itu sudah digunakan di 192 negara yang sebagian besar berada di Eropa. Tercatat pada tahun 2020, BiP disebutnya memiliki lebih dari 10 juta pengguna aktif bulanan dan 60 juta lebih unduhan. Bahkan setiap hari dilaporkan ada sekitar 2 juta pengguna baru telah bergabung menggunakan aplikasi BiP.


General Manager Turkcell, Murat Erkan mengatakan, angka tersebut melebihi jumlah unduhan sebelum 6 Januari, di mana WhatsApp memperbarui persyaratan privasinya. Dengan situasi seperti ini, jumlah orang yang mengunduh aplikasi BiP telah mencapai 60 juta dan dalam beberapa bulan ke depan diprediksi akan mencapai lebih dari 100 juta pengguna.

“Sekitar 6,4 juta orang telah beralih ke BiP sejak Jumat (8/1). Dalam lingkungan ini, BiP dipandang sebagai tempat berlindung yang aman. Kami akan berhadapan langsung dengan Telegram sekarang,” katanya, seperti dikutip Daily Sabah.

Di Indonesia sendiri, nama BiP tengah populer dan ramai dibicarakan di grup WhatsApp dan media sosial. Banyak orang yang menyarankan untuk eksodus ke aplikasi chat asal Turki ini.

Apa Saja Fitur menarik dari BiP?

Aplikasi BiP memiliki fitur yang menarik seperti layaknya aplikasi perpesanan yang ada seperti: WhatsApp, Telegram, dan Signal. BiP punya fungsi dasar sebagai aplikasi pesan instan yang dapat melakukan panggilan suara dan video, namun ada beberapa fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan pengguna.

BiP dapat melakukan video call dengan 10 peserta secara bersamaan dengan kualitas HD. Kemudian, pengiriman foto dan video dapat dilakukan tanpa pengkompresan atau file sesusai ukurannya, beda dengan WhatsApp.

Pengguna BiP juga bisa berbagi lokasi dengan pengguna lainnya secara real-time. Aplikasi BiP ini memiliki fitur clone untuk membuat dua akun di satu perangkat. Ada grup chat yang bisa diisi hingga 1.000 orang dan berlangganan berbagai channel. Di Turki, BiP bahkan bisa untuk melakukan transfer uang digital.

Fitur menarik BiP tidak sampai di situ. Aplikasi ini memiliki fitur Translate atau terjemahan yang memungkinkan pengguna mengobrol dalam 106 bahasa berbeda selama pengiriman pesan. BiP memastikan bahwa penggunanya melihat pesan masuk sebagai pesan yang diterjemahkan dan menerjemahkan pesan yang dikirim oleh mereka secara spontan.

Sama seperti WhatsApp dan Telegram, BiP juga punya fitur Disappearing Message atau pesan menghilang selama periode tertentu yang dapat diatur oleh pengguna dan dihapus secara otomatis ketika periode tersebut berakhir.

Akun BiP juga bisa digunakan diberbagai platform, seperti tablet, dekstop, dan website. Ada pula game casual yang bisa dimainkan bersama pengguna BiP lain.

Satu fitur unik lagi adalah Emergency Button atau tombol darurat, di mana pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa gangguan melalui BiP dengan satu klik. Dalam kasus darurat bahkan jika ada gangguan jaringan masih bisa tetap berkomunikasi satu sama lain.

Semua data BiP disimpan di pusat data Turkcell di Istanbul dan Ankara yang memegang sertifikasi keamanan internasional ( Transport Layer Security -TLS). Seluruh komunikasi pesan pada BiP dikirim dengan aman menggunakan enkripsi TLS. Tidak ada pihak ketiga yang dapat mengakses dan membaca pesan dengan melakukan intervensi dalam sistem.

Menurut data yang diberikan oleh Turkcell, sekitar 140 miliar pesan telah dikirim melalui aplikasi pada tahun 2020. Panggilan yang dilakukan melalui aplikasi BiP mencapai 2 miliar menit. Sekitar 150 juta menit panggilan video dilakukan sepanjang tahun.

Aplikasi BiP bisa digunakan di smartphone Android maupun iPhone. Aplikasi chat ini sudah tersedia Google Play Store dan Apple App Store.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama