Mimpi Asy-Syaikh Abu Ishaq Asy-Syirazi Bertemu Rasulullah

Fikroh.com - Terlalu banyak kisah orang-orang sholeh yang dipertemukan oleh Alloh dengan Baginda Nabi dalam mimpinya. Salah satunya adalah apa yang dialami Syaikh Abu Ishaq Asy-Syirazi. Bagaimana kisah mimpi Asy-Syaikh Abu Ishaq Asy-Syirazi Bertemu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam?

Hikayat ini diceritakan oleh Al-Hafizh 'Imaduddin Abul Fida Ibnu Katsir rahimahullah dalam Thabaqat Asy-Syafi'iyyah karyanya halaman 436 :

Al-Hafizh Abu Sa'd As-Sam'ani mengkhabarkan dari Abul Qasim Haidar bin Mahmud Asy-Syirazi di kota Merv, ia berkisah bahwa ia pernah mendengar Abu Ishaq mengisahkan, "Pada suatu malam ketika berada di Baghdad aku tertidur, lantas aku melihat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam dan bersamanya ada Abu Bakr serta 'Umar! Aku berujar kepada beliau, "Wahai Rasulullah, telah sampai kepadaku sejumlah besar hadits darimu, yang disampaikan dari para pembawa khabar, maka aku ingin sekali mendengar langsung sebuah hadits darimu yang dengannya aku mendapat kemuliaan di dunia, dan dengannya aku jadikan hadits tersebut simpanan untuk akhirat. Lalu Nabi berkata, "Wahai, syaikh...." Nabi memanggilku syaikh dan beliau berbicara denganku memakai sebutan itu; -Syaikh Abu Ishaq pun bergembira dengan panggilan demikian-.

Kemudian Nabi melanjutkan, "Katakanlah dariku : Siapa yang menginginkan keselamatan, maka hendaklah ia mencarinya pada keselamatan orang lain."

Al-Hafizh Ibnu Katsir mengomentari mimpi Syaikh Abu Ishaq ini, ia berkata, "Mimpi yang dialaminya ini merupakan gambaran yang benar karena para fuqaha' menyebut Abu Ishaq dengan 'Asy-Syaikh', dan apa yang ia riwayatkan dalam mimpinya adalah syahid terhadap hadits shahih yakni sabda beliau 'alaihissalam : Seorang muslim adalah orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya, yaitu siapa yang ingin selamat, maka hendaklah ia selamatkan orang lain dari dirinya, karena sungguh balasan akan sesuai dengan perbuatan."

Rahimallah Asy-Syaikh Abu Ishaq, rahmatan wasi'ah.

Sekelas Syaikh Abu Ishaq Asy-Syirazi yang imam besar saja bangga dan bergembira bisa bermimpi bertemu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.

Allahumma shalli 'ala Nabiyyina wa Qudwatina Muhammad, wa 'ala alihi wa shahbihi ajma'in

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama