Setelah 13 Jamaah Terinfeksi Covid-19, Arab Saudi Larang Indonesia Kirim Jama'ah Umrah

Fikroh.com - Pemerintah Arab Saudi melarang Indonesia mengirim jamaah umrah setelah awal bulan ini terdapat 13 jamaah asal negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia itu terinfeksi virus corona Covid-19.

"Sementara belum bisa terbitkan visa umrah (bagi jamaah asal Indonesia). Semoga bisa segera dibuka lagi," kata Konsul Jenderal Indonesia di Kota Jeddah Eko Hartono kepada Al-balad.co melalui pesan WhatsApp malam ini.

Namun, menurut Eko, tidak ada pemberitahuan resmi dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Dia mengungkapkan pihaknya mendapat pemberitahuan secara lisan sekitar kamis pekan lalu dari penyelenggara umrah di negara Kabah itu.

Pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah hari ini telah meminta pemberitahuan resmi namun belum ada. Eko mendapat kabar Indonesia boleh mengirim jamaah umrah lagi pada 20 November.

Eko menambahkan pihak Saudi masih akan membahas soal izin umrah bagi jamaah dari Indonesia dan diharapkan beberapa hari lagi sudah ada keputusan.

Ketika dihubungi Albalad.co pekan lalu, Eko membenarkan tentang 13 jamaah umrah Indonesia terkena Covid-19. Mereka diketahui positif setelah menjalani tes usap saat karantina tiga hari di hotel tempat mereka menginap di Kota Makkah. Mereka baru bisa berumrah setelah dinyatakan positif lewat hasil tes usap lagi.

Saudi membuka kembali umrah untuk jamaah datang dari luar negeri, termasuk Indonesia, sejak 1 November. Kebijakan ini diambil setelah umrah ditutup bagi warga dari luar Saudi sedari 27 Februari gegara pandemi Covid-19.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama