Kompak, Jaringan Minimart Pesantren Sidogiri Boikot Produk Prancis

Fikroh.com - Menyusul maklumat MUI dan Pidato presiden Jokowi terkait dengan penghinaan terhadap Nabi oleh Macron, seruan boikot produk prancis makin meluas di tanah air. Salah satunya jaringan Basmalah kopontren Sidogiri. 

“Proses pengambilan produk-produk Perancis untuk pemboikotan barang dimulai dari SGM,” kata seseorang dalam video yang merekam proses penurunan produk-produk Prancis di sebuah minimarket yang beredar di media sosial, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Setelah susu formula SGM, petugas lalu menurunkan dan memasukkan ke kardus barang-barang lain seperti produk kosmetika Garnier, dan juga air minum dalam kemasan merek AQUA.

“Ini barangnya sudah mulai diambil oleh teman-teman. Untuk tidak menjual produk-produk Perancis karena Presiden Perancis telah menghina Nabi kita Muhammad Saw, di hari yang penuh kecintaan kepada Nabi Muhammad Saw yaitu bulan Maulid,” kata dia.

Setelah ditelisik, minimarket yang terang-terangan telah melakukan aksi boikot produk-produk Prancis itu adalah Toko Basmalah. Jaringan minimarket milik Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur.

Seperti dimuat dalam website Sidogiri.net, Toko Basmalah telah tersebar di Jawa Timur dan Kalimantan dengan jumlah 125 toko.

Direktur Marketing PT Sidogiri Mitra Utama, Muhammad Rifan dalam surat tertanggal 31 Oktober 2020 yang juga beredar di media sosial, secara resmi menginstruksikan kepada SS Toko Basmallah untuk melakukan pemboikotan produk Perancis.

“Kami Direktur Marketing menginstruksikan kepada seluruh SS Toko Basmalah untuk mengeluarkan produk Perancis dengan rincian sebagai berikut: 1) Memindahkan produk tersebut dari rak display ke gudang, (2) Menyimpan produk tersebut di gudang, (3) Tidak menampilkan atribut-atribut produk Perancis di toko,” tulis Rifan dalam suratnya.

Adapun daftar merek produk Perancis yang diboikot jaringan Toko Basmalah yang dilampirkan dalam surat itu adalah: Danone (Aqua, Activia, Mizone, Vit, Levite, Bebelac, Nutrilon Royal, Lactamil, SGM), Loreal, Garnier, Lacoste, Lancome, Moulinex, Chanel, Nina Ricci, Givenchy, Babybel, Evian, Doux, LU, BiC dan Tefal.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama