Kampanye “Dukung Produk Turki, Boikot Produk Prancis” Meluas di Dunia Arab

Fikroh.com - Kampanye untuk mengganti produk Prancis dengan produk Turki mendapatkan momentum di tengah kemarahan di seluruh dunia Arab dan Muslim terhadap pernyataan anti-Islam oleh Prancis.

“Membunuh dua burung dengan satu batu” adalah salah satu kampanye yang viral di media sosial di negara-negara Arab.

Kampanye tersebut menyerukan untuk memilih produk Turki sebagai tanda penghormatan terhadap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan sikapnya yang jelas terhadap pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang membela kartun penghinaan terhadap Nabi Muhammad.

Aktivis media sosial Arab menerbitkan foto produk Prancis bersama dengan alternatif dari produk Turki.

“Membunuh dua burung dengan satu batu, saya memboikot produk mereka yang menghina Nabi kita dan mendukung produk mereka yang menentang penghinaan semacam itu,” tulis seorang pengguna Twitter Ali Qatari.

“Saya mendukung kampanye mengganti produk Prancis dengan Turki dan saya mendukung kampanye populer untuk mendukung Turki,” cuitan Sam Duba.

Kampanye tersebut dipicu oleh langkah pimpinan Saudi dan UEA untuk memulai boikot produk Turki.

Pada 2 Oktober, Macron mengumumkan rencana kontroversial untuk mengatasi apa yang disebutnya sebagai “separatisme Islam” di Prancis. Macron juga mengklaim bahwa agama Islam berada dalam “krisis” di seluruh dunia dan berjanji untuk “membebaskan Islam di Prancis dari pengaruh asing.”

Minggu lalu, dia membela kartun penghujatan terhadap Nabi Muhammad, dengan mengatakan Prancis “tidak akan melarang kartun kami” setelah pembunuhan terhadap guru sekolah menengah Samuel Paty yang menunjukkan karikatur provokatif di kelas.

Setidaknya 73 masjid, sekolah swasta, dan tempat kerja di Prancis, negara yang memiliki minoritas Muslim terbesar di Eropa Barat dengan sekitar 5 juta, telah ditutup sepanjang tahun ini, menurut Kementerian Dalam Negeri Prancis.

Sumber: Anadolu Agency English

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama