Hebatnya Erdogan, Siap Menanggung Hutang Somalia kepada IMF Sebesar 3,5 Juta Dolar


Fikroh.com - Tidak berlebihan jika kita bangga dengan sosok Erdogan. Tegas dan berpihak pada kebenaran dan islam. Baru-baru ini Erdogan mengeluarkan sebuah keputusan yang luar biasa.

Dalam putusan itu Erdogan bersedia menanggung utang negara Somalia kepada IMF yang harus dibayarkan segera senilai 3,5 juta Dolar (Rp 50 Miliar).

Utang Somalia ini sudah darurat untuk dibayarkan dan Somalia tidak memiliki dana untuk pembayaran yang sudah jatuh tempo.

Dana 3,5juta Dolar tersebut di ambil dari dana cadangan yang Turki miliki di kas IMF. 

Turki hari ini tercatat menjadi salah satu dari 11 negara yang tidak punya utang kepada IMF sama sekali, setelah dilunasi tahun 2013 di Era Erdogan.

Bahkan Turki hari ini menjadi salah satu negara yang memberikan hibah dan pinjaman kepada IMF lewat dana cadangan mereka disana.(dana inilah yang kemarin diminta oleh Erdogan untuk menanggung utang negara Somalia).

Turki selama ini bukan hanya membantu dana kepada Somalia, tapi juga berbagai bantuan dari teknologi, pertanian, Militer dst sudah Turki kirimkan ke Somalia termasuk bantuan saat covid. 

Turki sangat serius menggarap Afrika dan saat ini Turki bersaing dengan Prancis dan Israel dalam mendominasi benua tersebut.

Dari Negara sakit Turki jadi negara kuat, dari negara miskin jadi negara donatur dalam waktu yang relatif singkat. ini adalah prestasi kepala negara yang tidak dimiliki oleh siapapun di dunia.

Oleh: Tengku Zulkifli Usman

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama