Gerak Cepat, Turki Bangun 'Kota Kontainer' Untuk Korban Gempa

Fikroh.com - Turki mulai membangun "kota kontainer" - unit perumahan sementara yang menyerupai kontainer - untuk warga yang terkena gempa di kota Izmir, kata menteri lingkungan dan urbanisasi pada Senin.

Gempa berkekuatan 6,6 melanda kota terbesar ketiga di Turki pada 30 Oktober. Korban tewas telah mencapai 92, sedangkan kegiatan penyelamatan masih berlanjut.

“Kota kontainer kami yang berada tepat di samping area reruntuhan akan selesai dengan infrastruktur dan fasilitas sosialnya dalam waktu 20 hari,” kata Murat Kurum.

Hunian sementara untuk 1.000 orang akan mencakup area seluas 46.300 meter persegi di Kabupaten Bayrakli, tambah Kurum.

"Saat ini kami memiliki fasilitas wisma yang bersih dan hangat untuk memenuhi segala macam kebutuhan pangan dan papan. Kapasitasnya sekitar 7.600," imbuh dia.

Dia mengatakan bahwa sebanyak 3.500 tenda telah dikirim ke wilayah yang dilanda gempa, dan hampir 2.000 di antaranya telah disiapkan untuk mereka yang rumahnya hancur.

Sekitar 7.600 orang berlindung di tenda, kata menteri Turki, menambahkan bahwa setidaknya 220.000 korban gempa diberikan makanan dengan koordinasi Bulan Sabit Merah Turki.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa pemerintahnya "bertekad untuk menyembuhkan luka saudara-saudari kita di Izmir sebelum musim dingin dan hujan," dan rumah baru akan dibangun "secepat mungkin."

Sumber: Anadolu

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama