Siapa pemilik aplikasi muslim pro?

Fikroh.com - Publik dan pengguna media online dihebohkan dengan kabar aplikasi Muslim Pro yang menjual data lokasi penggunanya ke militer Amerika Serikat. Siapa sebenarnya pembuat aplikasi yang telah diunduh lebih dari 98 juta kali itu?

Mengutip informasi dari artikel Tech in Asia yang dimuat di situs Bitsmedia, aplikasi Muslim Pro Penciptanya adalah Erwan Macé, orang Perancis, yang membuat banyak aplikasi. Mantan orang Google. Penulis tidak bisa temukan informasi tentang agamanya, jadi sepertinya dia orang non-Muslim yang hanya melihat kesempatan membuat aplikasi bagi pasar Muslim di Indonesia dan negara-negara lain. 

Erwan Macé mendirikan PT Bitsmedia yang membuat banyak aplikasi. Sekarang dia tidak kerja di situ lagi, dan PT Bitsmedia sudah dibeli oleh perusahaan capital investment, bernama CMIA Capital Partners (Singapura) dan Affin Hwang Capital (Malaysia). Kedua PT itu adalah perusahaan publik, jadi sahamnya bisa dibeli oleh siapa saja. 

CMIA sepertinya lebih banyak dimiliki orang Cina, dan stafnya di Singapura kebanyakan orang Cina. Affin Hwang Capital di Malaysia punya banyak staf Muslim.

Jadi pemilik dari "Pro Media" adalah dua perusahaan investasi yang sahamnya dimiliki orang non-Muslim dan Muslim juga. Semoga bermanfaat.

Oleh: Gene Netto 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama