Tak Hanya Jokowi, Berikut Ini Sederet Tokoh Nasional yang Dijadikan Nama Jalan di Luar Negeri
Sumber: Kompas.com

Fikroh.com - Penamaan jalan dengan nama tokoh Nasional sebenarnya bukan hal baru. Sederet tokoh dalam negeri juga pernah terpampang namanya menjadi nama jalan. Yang terbaru adalah Nama Presiden Joko Widodo yang kini dijadikan nama jalan di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Selasa (20/10/2020).

Hal itu membuat bertambahnya daftar tokoh dari Indonesia yang namanya digunakan untuk menamai jalan di luar negeri.

Melansir berita dari situs kompas tercatat beberapa nama tokoh Nusantara yang lebih dulu menjadi Nama-nama jalan di luar begeri yang diambil dari nama tokoh Indonesia. Diantaranya adalah Presiden Soekarno yang menjadi Jalan Sukarno di Rabat (Maroko) dan Jalan Mohammad Hatta di Harleem (Belanda).

Ada juga Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam (Belanda).

Nama pahlawan Indonesia lain yang menjadi jalan adalah Pattimura di Wierden (Belanda), Christina Martha Tiahahu yang juga ada di Wierden. Ada juga nama Sutan Syahrir yang menjadi jalan di tiga kota di Belanda.

Tidak hanya itu, nama pejuang hak asasi manusia Indonesia Munir Said Thalib juga diabadikan menjadi nama jalan. Jalan Munir terbentang di Den Haag (Belanda).

Adapun, peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan pada Senin (19/10/2020) pukul 16.45 waktu setempat.

Kegiatan tersebut dihadiri Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA) serta sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality.

"Mereka bersama-sama menyaksikan penyingkapan tirai merah yang sebelumnya menutup nama jalan tersebut," kata Koordinator Fungsi Pensosbu KBRI Abu Dhabi Nur Ibrahim lewat keterangan tertulis resmi KBRI Abu Dhabi, Selasa (20/10/2020).

Penamaan jalan Presiden Joko Widodo merefleksikan hubungan erat RI – UEA, sekaligus bentuk penghormatan Pemerintah UEA kepada Jokowi dalam memajukan hubungan bilateral kedua negara.

Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama, yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dan Embassy Area. Kawasan itu ditempati sejumlah kantor perwakilan diplomatik.

Nama jalan ini sebelumnya adalah Al Ma’arid Street (dalam bahasa Indonesia artinya ekshibisi/pameran) yang menghubungkan Jalan Rabdan dengan Jalan Tunb Al Kubra.

Jokowi pun menyatakan penobatan namanya menjadi nama jalan di Uni Emirat Arab (UEA) merupakan bentuk penghormatan terhadap Indonesia.

"Jalan yang membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yang ditempati sejumlah kantor perwakilan diplomatik itu menggunakan nama saya," kata Jokowi pada akun resmi media sosialnya, Selasa (20/10/2020).

"Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia," ucap Jokowi.

Sumber: Kompas.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama