Produsr Film Turki Akan Luncurkan Film Sejarah Jalaludin Khwarazmshah

Fikroh.com - Mehmet Bozdağ, penulis skenario dan produser serial terkenal Turki, Dirilis Ertuğrul mengatakan, serial sejarah Jalal al-Din Khwarazmshah akan disiarkan pada bulan Januari di Turki.

“Film serial ini akan menciptakan dampak besar di seluruh dunia,” kata Bozdag kepada Anadolu Agency (AA) dalam pemutaran perdana serial tersebut di Uzbekistan.

Jalal al-Din Khwarazmshah, penguasa Kerajaan Khwarazmian, memulai perjuangan yang tragis namun bersatu melawan invasi Mongol. Setelah Syah Khwarazm gagal menghentikan invasi Mongol yang dimulai di stepa Asia Tengah, Jalal al-Din, penguasa terakhir kekaisaran, mengesampingkan pertikaian dinasti antara Seljuk dan Khwarazmians dan mencoba untuk membentuk front persatuan untuk menghentikan orang Mongol.

Meskipun ia berhasil mengalahkan tentara Mongol yang tampaknya tak terkalahkan pada tahun 1221, ia tidak dapat mempertahankan invasi dan melarikan diri ke Anatolia. Dia dikalahkan oleh Ala al-Din Kayqubad, sultan dari Seljuk Anatolia dan kemudian dikatakan bahwa dia terbunuh di sana oleh pengembara Zazas.

Bozdag mengatakan bahwa mereka memulai proyek tersebut dua tahun lalu atas permintaan pemerintah Uzbekistan dan telah merekam 13 episode. Dia menambahkan bahwa mereka mencoba menawarkan perspektif baru dalam hal “bahasa sinema”, dengan catatan bahwa serial tersebut memiliki konsep asli.

“Kami mencoba menampilkan budaya, geografi, dan sejarah wilayah Transoxianan Uzbek dalam seri ini,” katanya.

Bozdag menambahkan bahwa sudah ada permintaan yang besar untuk serial Jalal al-Din Khwarazmshah, berkat proyek sebelumnya, Resurrection Ertuğrul yang menjadi hit di seluruh dunia.

Dirilis Ertuğrul adalah serial yang berlatar di Anatolia abad ke-13 dan menceritakan kisah orang Turki di wilayah tersebut sebelum berdirinya Kekaisaran Ottoman. Serial ini menggambarkan perjuangan Ertuğrul Ghazi, ayah dari pemimpin pertama Kesultanan Ottoman.

Sumber: Daily Sabah

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama