Khabib Umumkan Pensiun, Berat Rasanya Bertanding tanpa Ayahku, Aku tak Sanggup


Fikroh.com - Petarung bela diri campuran atau MMA, Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun. Pernyataan ini Khabib sampaikan setelah meraih kemenangan atas Justin Gaethje pada Ultimate Fighting Championship (UFC) 254 di Yas Island, Abu Dhabi, Ahad (25/10) dini hari WIB.

"Saya sudah berjanji kepada semua orang yang saya cintai, tadi adalah pertarungan terakhir saya dan saya layak menikmati kegemilangan 29 kemenangan dari 29 pertarungan," kata Khabib seusai pertarungan.

Khabib menambahkan alasan pengunduran dirinya dari ajang MMA yang telah melambungkan namnya.

“Berat rasanya bertanding tanpa ayahku, aku ga sanggup lanjutkan lagi”
“Kemenangan ini untuknya”
“Kalau kamu punya orang tua habiskan waktu bersamanya, aku tinggal punya satu yaitu ibuku, aku ingin habiskan waktu bersamanya”
  demikian seperti pada postingan @khabib_nurmagomedov

Petarung asal Dagestan, Rusia itu mengalahkan Justin dengan kuncian saat pertarungan memasuki ronde kedua. Dengan keputusannya, maka Khabib pensiun sebagai pemegang sabuk juara kelas ringan UFC.

Profil Singkat

Pemilik nama lengkap Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov, lahir di Sildi 20 September 1988. Lahir dari keluarga muslim Khabib seorang muslim yang menjunjung tinggi nilai-nilai islam dalam hidupnya bahkan saat diatas ring pertandingan.

Khabib hidup di keluarga dan lingkungan yang menyukai seni bela diri membuat seorang Khabib Nurmagomedov harus berlatih untuk bertarung saat usianya masih kecil. Ayah dari Khabib adalah seorang master olahraga dalam gulat gaya bebas.

Saudara dari sang ayah juga merupakan atlet sambo yang terkenal d eranya dan paman dari pihak ibunya juga merupakan seorang petarung ternama. Dari pengaruh lingkungan dan keluarga itulah yang membuat lelaki yang berumur 31 tahun tersebut menyukai seni bela diri.

Sejak kecil ia terus di latih sendiri oleh ayahnya. Bahkan, ia juga sering dilatih untuk bergulat bersama beruang. Berkat kerja kerannya untuk menjadi seorang atlet bela diri ia sampai berhasil menguasai seni bela diri seperti Judo, Sambo dan masih banyak lagi.

Di tahun 2008 lelaki asal Rusia tersebut memulai debut MMA nya dan berhasil menjadi juara Turnament Piala Atrium Perdana setelah berhasil mengalahkan 4 lawannya dari Moskow.

Kehadiran Khabib di kancah tarung bebas telah menempati posisi tersendiri. Ia mempunyai julukan petarung yang tak terkalahkan dengan jumlah menang terbanyak yakni 29 kali.

Fakta lainnya, Khabib berhasil mengalahkan petarung terkenal Dustin Poirier sebanyak dua kali sehingga mempu mempertahankan sabuk pemenangnya di ajang ring UFC.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama