Innalillahi, DR Nuruddin 'Itr, Pakar Hadits asal Suriah Tutup Usia

Fikroh.com - Umat islam kembali kehilangan tokoh terbaiknya. Seorang ulama pakar hadits (muhaddits) ahli tafsir (mufassir) dan ahli fiqh (faqih) dari tanah Syam DR. Nurudfin 'Itr rahimahullah ta'alaa.

Pagi ini, Rabu, 23 September, di kota Damaskus, seorang muhaddits Al-Halabi, Dr. Noureddin 'Itr, meninggal pada usia 83 tahun, yang sebagian besar umurnya dihabiskan untuk dakwah, mengjar dan taklim di masjid dan sekolah pendidikan formal, serta menjadi dosen universitas Damaskus dan Aleppo serta universitas lain.

Syekh Nurrudin 'Itr lahir di kota Aleppo pada tahun 1937 M - 1356 H, dan dia adalah cucu dari ulama terkemuka Syekh "Muhammad Najib Seraj al-Din" al-Halabi, dari putrinya.

Riwayat Pendidikan 

Dr. Itr terdaftar mengenyam pendidikan Syariah, di Sekolah "Al-Khosroufiyya" dan memperoleh ijazah sekolah menengah dari sekolah itu pada tahun 1954 M. Kemudian dia pergi ke Mesir dan bergabung dengan Universitas Al-Azhar dan memperoleh gelar sarjana pada tahun 1958.

Selama belajar di universitas, syekh memperoleh gelar pertama pada siswa Al-Azhar, dan syekh "Rwaq Al-Shawam" ada di sana, dan dia memperoleh gelar doktor dalam bidang Hadits dengan nilai mumtaz pada tahun 1964.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama