Hagia Sophia Jadi Target ISIS, Mendagri Turki: Aneh Katanya Islam, Kok Masjid Diserang

Fikroh.com - Hagia Sophia yang baru saja diubah dari museum menjadi masjid, ternyata menjadi target dari serangan ISIS. Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu menilai, upaya ISIS mau serang Hagia Sophia sangat aneh.

“Katanya islam, kok masjid diserang. Jika ISIS adalah grup radikal, maka biasanya mereka tak tertarik dengan Hagia Sophia. Seharusnya, biara yang menjadi target serangan,” kata Soylu dikutip dari Hurriyet Daily News.

“Tetapi, masjid yang menjadi sasaran menunjukkan jaringan yang berada di belakang ISIS dan bagaimana kami seharusnya membaca itu. Grup intelejen apa yang mencoba mempengaruhi kelompok itu? Kami harus menganalisanya,” sambung Soylu.

Niat busuk ISIS itu terungkap setelah Pemerintah Turki berhasil membongkar rencana yang dilakukan ISIS tersebut setelah sosok yang disebut Emir ISIS untuk Turki ditangkap.

“1,5 bulan terakhir, ISIS sudah melakukan persiapan untuk menyetang Hagia Sophia,” ujar Soylu seperti diungkapkan Soylu, grup teroris ini mencoba untuk menempatkan tim penyerbu sebanyak 10 hingga 12 orang untuk penyerangan ini.

“Pada 18 Agustus, uni keamanan berhasil menangkap tersangka ISIS, Huseyin Sagir dengan Kalashnikov, yang dilaporkan berencana melakukan penyerangan,” katanya.

“Setelah dirinya, kami kemudian menangkap sosok yang disebut sebagai Emir Turki pada 20 Agustus,” lanjut Soylu.

Pada operasi untuk menanggulangi grup teroris tersebut, polisi menyita sejumlah barang digital, yang ternyata berisi rencana tersebut.

“Pada barang-barang itu, kami menemukan struktur baru dari grup negara ini dengan instruksi dari Suriah dan Irak,” tutur Soylu.

“Mereka bahkan menuliskan bagaimana pengunaan dan bagaimana mengubur senjata itu di kota maupun sejumlah area pedesaan,” tambahnya.

Selain menyerang Hagia Sophia, kelompok ISIS tersebut juga berencana untuk menculik pejabat dan politikus Turki untuk dibawa ke Suriah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama