Doa Berlindung dari Kematian karena Tenggelam, Terbakar dan Terjatuh

Fikroh.com - Diantara doa perlindungan yang semestinya dihafalkan oleh seorang muslim adalah berlindung dari kematian yang buruk. Kematian buruk yang dimaksud adalah kematian karena tertimpa, terjatuh, tenggelam dan terbakar. Selain itu berlindung dari kematian yang disesatkan oleh setan dan dari sengatan binatang berbisa.

Rosulullah SAW bersabda dalah hadits riwayat Abu Dawud,

Allahumma inni a'udzu bika minat-taraddi, wal-hadmi, wal-gharaqi, wal-hariqi, wa a'udzu bika, an yatakhabbatanish-shaitanu 'indal-mauti, wa a'udzu bika an amuta fi sabilika mudbiran, wa a'udzu bika an amuta ladigha.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu agar tidak terlempar dari tempat yang tinggi atau hancur di bawah tembok yang runtuh, atau tenggelam atau dibakar, dan aku berlindung kepada-Mu agar tidak disesatkan oleh Setan pada saat kematian, dan aku berlindung kepada-Mu dari kematian melarikan diri dari medan perang, dan aku berlindung dengan-Mu dari sekarat karena sengatan kalajengking.

Penjelasan

Imam ath Thibi berkata: Kita dianjurkan berlindung dari empat kematian (terjatuh, tertimpa, tenggelam, terbakar) meskipun kematian dengan empat hal itu tergolong syahid. Karena kematian dengan 4 perkara diatas termasuk musibah yang kita semua berlindung darinya.

Mengapa kita harus berlindung dari kematian diatas padahal memperoleh gelar syahid? Karena sejatinya setiap musibah bagi orang beriman akan mendapat pahala, bahkan tertusuk duri juga berpahala.

Apa yang membedakan antara syahid karena musibah dan syahid haqiqi? Syahid di jalan Alloh adalah harapan dan cita-cita setiap muslim. Semua orang bangga ketika bisa meninggal dalam keadaan syahid. Berbeda dengan tertimpa tenggelam dsb kita semua berlindung diri.

Selain itu kita berlindung dari kematian yang disesatkan oleh syaitan, baik dengan jalan membuat kesurupan, lupa diri dan merusak akal fikiran menjelang kematian.

Setan sering kali menguasai manusia di saat detik-detik terakhir hidupnya. Sehingga ia terhalang dari taubat, menyesatkannya, membisikan rasa benci, menjauhkan dari rahmat Alloh dan mati dalam keadaan su'ul khatimah.

Berikutnya doa perlindungan dari kematian saat meninggalkan kebenaran atau lari dari peperangan. Dan terakhir berlindung dari kematian yang disebabkan oleh sengatan binatang berbisa dan beracun seperti ular dan kalajengking.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama