DSKS Nilai Logo HUT RI ke 75 Mirip Salib

Fikroh.com - Menjelang peringatan hari kemerdekaan, para pemimpin lembaga negara diimbau memasang umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya serentak tanggal 1 Juli hingga 31 Agustus. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara nomor B-457/M.Sesneg/SeUTU.00.04/06/2020 tentang Partisipasi Menyemarakan Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020.

Hiasan-hiasan tersebut merujuk pada pedoman logo dan desain turunan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Namun, Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) menemukan ada logo kemerdekaan yang terkesan bergambar salib terpasang di Solo.

“Ada beberapa desain yang terkesan ada simbol agama tertentu berbentuk salib telah dicetak berupa MMT yang sudah terpasang di Solo dan sekitarnya. Masyarakat perlu penjelasan dan sekaligus menyayangkan adanya kesan agama tertentu yang berupa salib dalam alternatif logo dan desaian tersebut,” kata Humas DSKS, Endro Sudarsono , Jumat (07/08/2020).

Ia menegaskan bahwa semestinya semangat Indonesia Bangkit dan tema Indonesia Maju melawan Pandemi dan diambang Resesi tidak perlu dengan melakukan hal-hal yang kontroversial, berpolemik, membingungkan ataupun kontraproduktif.

“Untuk itu kepada Presiden RI, Kementrian Sekretariat Negara, para kepala daerah baik gurbernur, walikota/bupati untuk bisa bijaksana dalam menggunakan logo dan desain tersebut,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap Kementerian Sekretariat Negara meralat dan menarik logo dan desain yang menggunakan simbol agama tertentu yang terkesan ada gambar Salib.

Source: KIBLAT

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama