Fikroh.com - Besok akan menjadi hari bersejarah bagi bangsa Turki. Bertepatan pada Tanggal 24 Juli 2020 Turki akan menggelar shalat Jumat pertama di Hagia Sophia bersama warga istanbul, Turki. Shalat jumat ini akan menjadi yang pertama setelah 86 tahun Hagia Sophia menjadi museum.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh pemerintah Turki yang dipimpin langsung oleh presiden Erdogan. Salah satunya pemasangan karpet masjid yang dibeli oleh Erdogan sendiri bukan uang kas negara. Dalam laporannya, lebar karpet mencapai 14.000 m2. Karpet dengan warna hijau itu.


Hagia Sophia resmi menjadi masjid pada tanggal 10 juli yang lalu melalui putusan pengadilan tinggi Turki.

Putusan tersebut mendapat sambuat meriah dari warga Turki khususnya kota Istanbul. Sambil meneriakkan takbir "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar!) Ketika berita itu tersebar warga sudah menunggu di halaman luar masjid.

Erdogan mengatakan bahwa doa pertama, atau shalat pertama akan resmi dibuka di Hagia Sophia pada 24 Juli 2020 untuk shalat Jumat setelah kurang lebih 86 tahun.

"Insya Allah, kita akan melakukan shalat Jumat bersama-sama pada 24 Juli dan membuka kembali Hagia Sophia untuk beribadah," kata Erdogan dalam pidatonya seperti mengutip Hurriyetdailynews.

"Seperti semua masjid kami, pintu Hagia Sophia akan terbuka lebar untuk penduduk lokal dan asing, baik itu Muslim dan non-Muslim," lanjutnya.

Baca juga; Membanggakan, Putra Asal Aceh Diundang Erdogan Baca Qur'an di Hagia Sophia

Sekitar 1.000 hingga 1.500 orang diperkirakan akan hadir dalam Salat Jum'at itu. Kepala Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet) Ali Erba akan memimpin pelaksanaan salat Jum'at itu.

Shalat Jum'at akan digelar sesuai kebijakan pencegahan virus corona dengan para jamaah memakai masker, mencuci tangan dan sajadah akan dibagikan pada seluruh jamaah.

Baca juga: Erdogan Luncurkan Papan Nama Baru untuk Hagia Sophia Dalam Tiga Bahasa

Seperti diketahui Pengadilan administrasi tertinggi Turki mengeluarkan putusan yang membuka jalan bagi pemerintah untuk mengkonversi ikon Istanbul Hagia Sophia - bekas katedral pernah menjadi masjid, akhirnya lama berfungsi sebagai museum, hingga akhirnya berubah kembali fungsinya menjadi masjid.
Lebih baru Lebih lama