Fikroh.com - Ditengah tengah euforia menyambut shalat Jumat perdana di Hagia Sophia publik sedikit teralihkan perhatiannya kepada seekor kucing. Dalam foto yang beredar seekor kucing dengan santuy-nya rebahan diatas karpet Masjid yang baru saja dipasang menjelang shalat Jumat saat itu (24/7).

Spontan unggahan foto kucing rebahan itupun viral di dunia maya. Mengundang berbagai reaksi dan komentar. Bahkan salah seorang warganet berseloroh 'Kucing Sultan'. Lantas siapa kucing misterius itu? Kenapa bisa dibiarkan berkeliaran di bangunan yang sangat bersejarah itu?


Usut punya usut kucing yang sempat viral itu bukanlah kucing sembarang kucing alias istimewa, mengapa? Begini ceritanya.

Menurut sebuah laporan media, bahwa Kucing yang tinggal di Aya Sophia ini bernama Gli. Arti dari kata gli itu sendiri berarti ‘Cinta yang menyatu’. Woow so sweet banget.

Salah seorang arkeolog bernama Defne Bali, yang sudah lama bekerja di Hagia Sophia, telah menjadi ibu bagi Gli, tepatnya sejak 2004.

Gli adalah kucing berbulu lebat berwarna coklat hitam dengan mata yang menyala berwarna hijau. Gli punya satu saudara laki-laki yakni Pati dan seorang saudara perempuan Kızım. Ibu yang melahirkan mereka adalah Sofi. Sayangnya, saudara laki-lakinya Pati sudah meninggal.

Salah satu petugas di Hagia Sophia yakni Bilgen Deveci awalnya memilih nama Gri (dalam bahasa Inggris artinya ‘Abu-abu’), namun karena kelucuan dan mata sipit kucing tersebut akhirnya dinamai Gli.

Ia juga memilih nama Kızım untuk saudara perempuan Gli. Ketika dia masih kecil, Kızım pergi di bawah salah satu maksures di Hagia Sophia dan diam di sana untuk sementara waktu.

“Kami menyelamatkannya kemudian karena dia terus mengeong, namun selama dua tahun terakhir dia tampak selalu tenang,” kata Bilgen Deveci, seperti dikutip dari Hagia Sophia Turkey, Sabtu (25/7/2020).

Gli hanya memiliki satu anak kucing sepanjang hidupnya. Seekor kucing hitam legam cantik bernama Karakız yang mengalami kecelakaan karena tertabrak bus tur. Dia sementara tinggal di dokter hewan karena punggungnya patah.

Gli menjadi populer ketika Presiden Turki Recepp Tayyip Erdogan dan kemudian Barack Obama membelainya. Saat ini Gli tetap menjadi primadona bagi para pencinta kucing yang banyak mengunjungi Hagia Sophia bahkan setelah bangunan kuno bersejarah itu difungsikan kembali menjadi masjid.

Saat masih belia, Gli sering berburu burung di halaman Hagia Sophia. Karena usianya dan matanya yang sudah tidak mungkin membantunya untuk berlarian ke sana-kemari, maka Gli hanya bisa berjalan kecil. Ia pun sering dicari-cari pencinta kucing untuk berfoto bersama.

Gli bahkan punya akun Instagram loh. Foto-foto Gli dan kucing penghuni Hagia Sophia lainnya bisa dilihat di Instagram @hagiasophiacat. []

SUMBER: HAGIA SOPHIA TURKEY
Lebih baru Lebih lama