Fikroh.com - Hari tasyriq yang jatuh pada tanggal 11, 12,13 Dzulhijjah merupakan hari yang diberkahi. Diantara sebab mengapa dinamakan hari tasyriq ada beberapa penafsiran. Sebagian ulama menjelaskan, bahwa pada hari tasyriq banyak orang mengeringkan daging dibawah terik matahari karena jumlahnya melimpah. Untuk kemudian menjadi dendeng, urf atau adat kebiasaan orang Arab menyajikan daging dalam bentuk ini dengan istilah tasyriq (daging yang dikeringkan). Wallahu a'lam.

Dari tiga hari tasyriq ini memiliki penyebutan atau penamaan berbeda-beda.
 
Hari pertama tanggal 11, dinamakan Yaumul qar, dinamakan demikian karena pada tanggal itu para jamaah haji menginap dan menetap di mina (muqir).

Nabi bersabda:

"Hari yang paling agung disisi Alloh adalah hari nahr, kemudian Yaumul qar, dan disebut juga yaumur ru'us, dikarenakan saat itu mereka menikmati kepala dari hewan kurban." Hari ke 12 dinamakan hari nafar awwal. Dan hari ke 13 biasa dinamakan hari nafar tsani.

Alloh telah menegaskan tentang hari tasyriq dalam firmannya:

وقد قال الله - تعالى - في حق هذه الأيام: ﴿ وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ ﴾ [البقرة: 203]، والأيام المعدودات هي: أيام التشريق.

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

وقال النبي - صلى الله عليه وسلم - عن أيام التشريق: ((إنها أيام أكلٍ وشرب وذكرٍ لله عز وجل))

Sesungguhnya hari tasyriq adalah waktunya makan dan minum serta dzikir kepada Alloh.

Seakan nabi memberi isyarat akan eratnya kaitan antara makan dan dzikir pada hari tasyriq. Bahwa makanan yang tersedia pada hari tasyriq adalah sarana untuk memudahkan mengingat Alloh dan nikmat-nikmat nya. Dialah pemberi nikmat yang sempurna. Dengan begitu bertambah sempurnalah rasa syukur dan bertambah pula ketaatan krpada-Nya.

Dzikir- dzikir yang disyariatkan pada hari tasyriq

Pertama, dzikir setelah shalat, yaitu dengan mengucapkan takbir setelah shalat, dimulai semenjak subuh hari Arafah hingga akhir hari tasyriq (tanggal 13).

Kedua, membaca Tasmiyah dan takbir saat menyembelih hewan qurban baik bagi yang sedang haji maupun yang tidak.

Ketiga, membaca doa atau dzikir saat makan dan minum. Menyebut nama Alloh sebelum makan dan minum dan membaca hamdalah setelahnya merupakan perkara sunnah.
Didasarkan pada hadits Nabi yang berbunyi,

(( إن الله عزَّ وجل يرضى عن العبد أن يأكل الأكلة فيحمده عليها، ويشرب الشَّربة فيحمده عليها )).

"Sesungguhnya Alloh ridho kepada hamba-Nya yang makan dan minum lalu memuji nama-Nya."

Keempat, membaca dzikir saat lempar jumroh bagi jamaah haji selama hari tasyriq.
Kelima, memperbanyak dzikir secara mutlak selama hari tasyriq. Adalah Sahabat Umar mengumandangkan takbir di pemondokan mina hingga terdengar oleh banyak orang dan diikuti hingga mina bergemuruh dengan suara takbir. 

فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ * وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ ﴾ [البقرة: 200، 201].

Pada hari tasyriq wabil khusus hari terakhirnya sangat dianjurkan memperbanyak istighfar dan doa. Diantara doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah,

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Kebaikan di dunia adalah dengan memperoleh ilmu dan ibadah, atau berupa rizki yang baik, sedangkan kebaikan di akhirat adalah surga.

Adalah khalifah Umar bin Abdul Aziz berkata saat khutbah iedul adha, Tiga hari setelah hari nahr yang Alloh sebutkan adalah waktu dikabulkannya doa, maka mintalah segala keinginan kalian kepada Allah.

Sebagian ulama berkata,

( أيام التشريق يجتمع فيها للمؤمنين نعيمُ أبدانهم بالأكل والشرب، ونعيمُ قلوبهم بالذكر والشكر، وبذلك تتم النعم ).

Hari tasyriq merupakan hari terhimpun nya berbagai nikmat bagi orang mukmin, nikmat jasmani dengan makan dan minum dan nikmat rohani dengan memperbanyak dzikir dan syukur, dengan begitu makin sempurnalah nikmat.

Dari uraian diatas, dapat kita pahami bahwa amalan terbaik selama hari tasyriq adalah memperbanyak dzikir dan doa. Semoga taufiq Alloh atas kita. Aamiin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama