Fikroh.com - Ada yang menarik dalam shalat zuhur di siang ini. bukan cuma karena ada Cr7 (Baca: Cristiano Ronaldo KW) di Shaf / barisan di depan saya, tapi karena pembahasan menarik dan inspiratif oleh syaikh Ismail Skeik dalam ceramah singkat nya paska mengimami kami di masjid Baraa Ibn Azib di Tal el Hawa, Selatan kota Gaza.

Syaikh Ismail membahas tentang hubungan antara jasad dan Ruh yang dianalogikan dengan mobil dan pengemudi nya.

kata Syaikh, mobil yang ciamik, yang sedang dalam performa terbaik , yang bahan bakar nya full, body nya cool, laju nya kuenceeng, itu bisa membawa pengendara nya ke tempat tujuan dengan selamat dan cepat atau jauh dari tujuan dan berakhir dengan kecelakaan, semua tergantung pengemudi nya.

kalau pengemudinya tidak dalam performa yang juga bagus, lagi sakit misalnya, atau ugal-ugalan, ga tenang, banyak fikiran, enggak fokus atau gak mahir dan tak faham mengemudikan mobil nya, maka bisa-bisa nasibnya berujung naas dan menyedihkan. sebaliknya, kalau pengemudinya profesional, tenang dalam melaju, sehat hati dan fikirannya, maka kemungkinan besar akan tiba ke tempat tujuan dengan cepat dan selamat.

itulah kita, manusia. Tubuh kita adalah mobil nya, dan ruh/jiwa kita adalah pengemudi nya. tubuh yang segar bugar, perut kenyang, berotot, penampilan gagah, cantik, tampan, kaya raya, kalau tidak dikemudikan dengan jiwa yang bersih, sehat, ta'at, kuat, maka semua nikmat itu akan berujung celaka dan sengsara.

maka nya, hidup seorang manusia harus seimbang antara tubuh dan ruh. Ruh/jiwa juga perlu asupan gizi layaknya tubuh perlu makanan dan minuman.

jangan cuma kenyangin perut, tapi jiwa kita kelaparan dan kehausan. tubuh yang sehat ketika dikemudikan oleh jiwa yang sakit, maka akan condong untuk melakukan tindakan maksiat.

sebaliknya, ketika jiwa sehat penuh gizi, banyak berzikir, baca Al Qur'an, sedekah, amal saleh dan lain-lain, bahkan ketika tubuh sedang tidak dalam performa terbaik pun akan bisa diarahkan kepada keta'atan dan ibadah.

والله أعلم بالصواب

@muhammadhusein_gaza
Lebih baru Lebih lama