Fikroh.com - Fikrah atau fikroh (فِكرة) menurut KBI adalah ideologi, pemikiran. Fikrah adalah kalimat dalam bentuk isim menurut literatur bahasa arab. Fikroh merupakan bentuk tunggal, sedang jamaknya adalah fikraat atau fikar. Sebagai bahasa arab fikroh memiliki makna yang beragam. Mengutip penjelasan situs almaany terdapat beberapa makna dari kata fikroh.

Fikroh bisa berarti gambaran pemikiran untuk sebuah urusan. Jika disambung dengan kata lain semisal al-fikroh al mubathinah maka artinya tadabur atau renungan akal untuk sebuah urusan. Sedangkan jika digabung dengan kalimat al mustadrok maka terkandung makna pemikiran atau tafsir (uraian) atau jawaban dengan perbuatan setelah terbesit di fikiran.

Jika merujuk pada definisi diatas dapat kita fahami bahwa fikroh merupakan kemampuan berfikir yang bersumber dari akal fikiran manusia dalam menghadapi sebuah persoalan. Pemikiran yang akan menemukan jawaban dan menetukan sikap sebelum bertindak.

Jauh dari sekedar pemikiran biasa, fikroh jika dimiliki oleh para pemikir akan menjadi sebuah ideologi dan gagasan yang paten. Kekuatan fikrah yang dihasilkan dari tafakur yang melibatkan akal dan bathin.
Lebih baru Lebih lama